Kabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Hujan Lebat, Ratusan Rumah di 4 Nagari Kecamatan IX Koto Dharmasraya Terendam Banjir

289
×

Hujan Lebat, Ratusan Rumah di 4 Nagari Kecamatan IX Koto Dharmasraya Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
Warga Kecamatan Ix Koto, Kabupaten Dharmasraya Kebanjiran
Warga Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya kebanjiran. (f/tangkapan layar)

Mjnews.id – Ratusan rumah di empat nagari terendam banjir di Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada Senin (18/12/2023), akibat dampak hujan yang sangat lebat dan meluapnya air sungai di daerah tersebut. Untunnya tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Terjadinya banjir di Kecamatan IX Koto tersebut, disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Dharmasraya, Eldison yang didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Ardianus Efendi yang ditemui awak media di kantornya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Eldison mengatakan, memang betul sekali telah terjadi banjir dan tanah longsor di Kecamatan IX Koto.

“Kami dari BPBD Dharmasraya mendapat informasi dari masyarakat di daerah tersebut langsung ke lokasi banjir, ternyata benar ada ratusan rumah yang terdampak banjir, di antaranya desa atau nagari adalah Nagari Banai, Nagari Silago, Nagari Lubuk Karak dan Nagari Empat Koto Dibawuah,” ujarnya.

Untung saja dalam peristiwa banjir ini tidak ada korban jiwa. Menurut informasi dari masyarakat, ketinggian air tadi malam setinggi dada orang dewasa atau lebih kurang 1,5 meter.

Petugas Bpbd Dharmasraya Ikut Bersihkan Material Banjir
Petugas Bpbd Dharmasraya Ikut Bersihkan Material Banjir. (F/Ist)

Saat kami dari BPBD Dharmasraya dan satu unit mobil Damkar Pemkab Dharmasraya sampai di lokasi banjir, kondisi air yang meredam rumah warga telah surut. Kemudian Kami bersama warga membersihkan material pasca banjir tersebut.

“Saat ini kami bersama Pemerintah Kecamatan dan Nagari sedang mendata rumah warga dan ternak hilang terdampak banjir. Kalau diperkirakan, kerugian ratusan juta rupiah atas terjadinya banjir tersebut,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Dharmasraya, Eldison.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT