Kabupaten SolokPendidikanSumatera Barat

Pawai Khatam TPQ Al Fathan Kayu Aro Semarakkan Arosuka

446
×

Pawai Khatam TPQ Al Fathan Kayu Aro Semarakkan Arosuka

Sebarkan artikel ini
Pawai Khatam Tpq Al Fathan Kayu Aro
Pawai Khatam TPQ Al Fathan Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunungtalang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu 9 Juli 2023. (f/ist)

Mjnews.id – Kegiatan Haflah Khatam Qur’an IV dan Wisuda Tahfiz II dilaksanakan oleh Taman Pendidikan Alquran Al Fathan Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunungtalang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu 9 Juli 2023.

Dilepas Walinagari Batang Barus, Syamsul Azwar di halaman TPQ Al Fathan, gerbang Vila Arosuka, pawai khatam tersebut berlangsung dengan semarak dan meriah. Kemudian peresmian Khatam Qur’an dibuka oleh Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat, Eva Nasri.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Acara ini juga dihadiri oleh undangan seperti Sekcam Gunungtalang, Darlisno, Polres Solok yang diwakili oleh Polsek Gunungtalang, Kemenang yang diwakili oleh Plh KUA Gunungtalang, serta hadirin lainnya.

Dalam prosesi acara pelepasan karnaval Khatam Qur’an, peserta diawal-awali oleh Anggota Lalu Lintas (Lantas) Polres Arosuka, yang diikuti oleh mobil forider, dengan mengarak mereka sepanjang 200 meter. Rute karnaval dimulai dari TPQ Al Fathan menuju simpang Kayu Aro, berputar balik menuju tugu Ayam, melewati kompleks perkantoran Pemerintahan Solok, dan kembali ke Vila Garden sebagai lokasi puncak acara.

Selama perjalanan karnaval, santriwan/wati yang mengikuti acara diiringi oleh peserta pawai, termasuk murid TPQ Al Fathan dan orangtua santriwan/wati, serta diiringi oleh music drum band yang dibawakan oleh murid-murid SDN 20 Sukarami.

Wisuda Tahfiz Ii Taman Pendidikan Alquran Al Fathan Kayu Aro
Wisuda Tahfiz Ii Taman Pendidikan Alquran Al Fathan Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunungtalang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu 9 Juli 2023.

Pimpinan Al Fathan, Muhammad Hafas, S.Pd.I., M.M., menyebutkan bahwa kegiatan Khatam Qur’an di lembaga yang bernafaskan Qur’ani ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun.

“Seharusnya ini adalah kali kelima kegiatan ini diselenggarakan, namun karena pengaruh pandemi COVID, baru kali ini bisa dilanjutkan untuk yang keempat kalinya,” ungkap Ustaz Hafas, yang juga mengidolakan Ustaz UAS yang sama-sama berasal dari Riau dan terkenal dengan ratusan juta pengikutnya.

Ustaz Hafas menjelaskan bahwa di lembaga yang ia kelola saat ini, sedang berlangsung kegiatan Khatam Qur’an dengan melibatkan 25 santri dan melakukan wisuda tahfiz kepada 17 santri yang telah menghafal 1 juz, 2 juz, bahkan hingga 4 juz.

Bupati Solok sangat mengapresiasi adanya semarak kegiatan keagamaan di pusat pemerintahan Kabupaten Solok. Di sisi lain, Walinagari berharap bahwa meskipun sudah mengikuti khatam Qur’an, santriwan/wati tidak berhenti pada pengajian, tetapi terus meningkatkan pembelajaran ilmu Alqur’an seperti tartil, irama, dan memahami isi Alqur’an tersebut.

“Kami sangat bersyukur TPQ Al Fathan selalu menggelar acara ini. Sehingga kami mengadopsinya untuk kegiatan di kenagarian dan ini adalah kali kedua acara ini diadakan,” pujinya kepada Ustaz Hafas.

Syamsul Azwar juga merupakan Ketua Forum Walinagari se-Kabupaten Solok dan kemungkinan akan mencalonkan diri sebagai calon legislatif dari Partai PAN.

Ustaz Hafas berkomitmen untuk terus mengajak dan mendampingi santriwan-waninya dalam meningkatkan pemahaman Alqur’an, termasuk dalam fiqh ibadah dan ajaran tauhid lainnya, serta pentingnya mengajarkan mereka cara yang baik dalam mengurus jenazah sebagai bekal di masa depan.

(*/yasrilyakub)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT