Kota PadangParlemenPendidikanSumatera Barat

Mahasiswa Universitas Ekasakti Studi Hukum dan Politik ke DPRD Padang

208
×

Mahasiswa Universitas Ekasakti Studi Hukum dan Politik ke DPRD Padang

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 08 03 22 21 49 97 Resize 34

Mjnews.id – Puluhan mahasiswa dari Universitas Ekasakti (Unes) Padang melakukan studi tentang hukum dan ilmu politik ke DPRD Kota Padang, Kamis (3/8/2023). Mereka ingin mengetahui secara mendalam tentang tugas pokok dan fungsi anggota Dewan.

Kedatangan puluhan mahasiswa ini didampingi Dosen Fisipol Universitas Ekasakti Padang, Riswanto Bakhtiar dan disambut Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Amril Amin dan Anggota Komisi I Budi Syahrial.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Disampaikan, Amril Amin, kunjungan mahasiswa ini dimaksudkan untuk belajar dan ingin mengetahui secara mendalam tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) serta peranan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

“Kunjungan ini adalah dalam rangka menambah pengetahuan mahasiswa tentang tugas dan fungsi legislatif sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” kata Amril Amin.

Dalam kesempatan itu, Amril Amin menjelaskan tentang optimalisasi peran dan fungsi DPRD dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD dan pemerintah daerah memiliki kedudukan sejajar dalam mengelola jalannya pemerintahan sesuai dengan UU tentang Otonomi Daerah,” jelas Amril Amin.

Katanya, implementasi dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi DPRD, diwujudkan dalam tiga fungsi yaitu fungsi legislasi atau pembuatan produk hukum daerah, fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan.

Di samping itu, anggota DPRD sebagai wakil rakyat juga memiliki tugas dan fungsi mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi dari masyarakat.

“Dalam konteks ini, DPRD dalam menjalankan fungsinya dapat mengawal kebijakan-kebijakan pembangunan agar berorientasi kepada kepentingan masyarakat.

(*/eds)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT