Kabupaten SijunjungSumatera Barat

Sekelumit Kisah Mahasiswa KKN PPM Unand “Maggot Maggot Yes” di Nagari Palaluar Sijunjung

418
×

Sekelumit Kisah Mahasiswa KKN PPM Unand “Maggot Maggot Yes” di Nagari Palaluar Sijunjung

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Kk Unand Di Nagari Palaluar Perkenalkan Hukum Sejak Dini Mahasiswa Kk Unand Di Nagari Palaluar, Kecamatan Koto Vii, Kabupaten Sijunjung Perkenalkan Hukum Sejak Dini Kepada Murid Sd
Mahasiswa KK Unand di Nagari Palaluar perkenalkan hukum sejak dini Mahasiswa KK Unand di Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung perkenalkan hukum sejak dini kepada murid SD. (f/instagram @diarykknpalaluar)

SIJUNJUNG, Mjnews.id – Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) adalah salah satu wujud aplikasi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat oleh para mahasiswa.

Kegiatan KKN-PPM ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mempelajari dan mengenal segala aspek yang ada di dalam masyarakat sebagai bekal jika sudah menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

KKN-PPM Universitas Andalas (Unand) dimulai dari 25 Juli sampai 27 Agustus 2022. Dengan total waktu 34 hari, mahasiswa disebar di seluruh nagari yang ada Sumatera Barat (Sumbar) dan harus memaksimalkan kinerjanya untuk membangun nagari di tempat mereka mengabdi.

Pada 18 Juli 2022, pengumuman penempatan mahasiswa KKN-PPM Unand dipublikasikan. Setelah dibuka ternyata saya ditempatkan di Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung. Jujur saya merasa sedikit terkejut karena saya ditempatkan di daerah yang cukup jauh dari Kota Padang.

Lalu, saya lihat di daftar tersebut saya diampu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Dr. Ir. Firda Arlina, M.Si., Dosen Fakultas Peternakan Unand. Tentu saja saya juga melihat daftar nama 24 mahasiswa lainnya yang saat itu masih asing dan belum saling kenal. Namun, ada satu hal yang segera saya lakukan yaitu menyimpan nomor telepon ibu DPL dan contact person yang tertera di sana.

Dua hari setelah pengumuman itu, kelompok KKN Nagari Palauar kemudian mengadakan pertemuan lewat zoom yang dihadiri oleh seluruh anggota dan ibu dpl. Pertemuan ini bertujuan untuk perkenalan dan juga membahas sedikit tentang hal-hal yang dibisa dilakukan dalam waktu dekat seperti survey lapangan dan sebagainya. Dalam pertemuan tersebut juga ditunjuk ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara kelompok KKN Nagari Palaluar.

Bayangan tentang masa-masa KKN ke depan pun mulai muncul. Apa kendaraan kami ke sana? Bagaimana tempat tinggal di sana nanti? Apakah temen-temennya seru? Apa saja kebutuhan yang perlu dibawa? Program kerja apa yang akan dilakukan? dan masih banyak lagi.

Singkat cerita, pada Senin, 25 Juli 2022 berangkatlah rombongan KKN Nagari Palaluar dari Padang menuju Sijunjung. Sebelumnya, tidak semua dari kami mengikuti perjalanan itu karena ada yang memang berdomisili dan sudah berada di Sijunjung.

Kami berangkat bersama-sama dengan menggunakan kendaraan beroda dua di tengah cuaca yang saat itu sedang badai hujan. Perjalanan yang dilalui penuh lika-liku, mulai dari cuaca tentunya, tanah longsor, mencari toilet, mudah lapar, pegal, hingga menggigil, semuanya ditahan kala itu demi sampai dengan selamat di Nagari Palaluar.

Sesampainya di sana kami disambut oleh teman-teman yang sudah lebih dulu berada di lokasi dan langsung makan malam bersama di posko. Saat itulah untuk pertama kali kami berkumpul bersama-sama secara langsung dan lengkap semuanya tanpa kurang suatu apa pun.

Seperti KKN-PPM pada umumnya, keesokan hari kami langsung mendatangi kantor wali nagari, kantor camat, dan juga polsek setempat untuk meminta izin berkegiatan di sana selama kurang lebih satu bulan.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT