Sumatera BaratTNI

Pangdam I/BB Hadiri Pembukaan Latsitardanus XLIII di Sumbar

158
×

Pangdam I/BB Hadiri Pembukaan Latsitardanus XLIII di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Pangdam I/Bb Hadiri Pembukaan Latsitardanus Xliii Di Sumbar
Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin hadiri Pembukaan Latsitardanus XLIII di Sumbar. (f/pendam i/bb)

Mjnews.id – Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pembukaan Latihan Integrasi dan Kemitraan Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIII/2023 yang berlangsung di Istana Gubernur Sumatera Barat, Jalan Jenderal Soedirman No. 51, Kota Padang, Jumat (19/5/2023).

Upacara pembukaan Latsitarda Nusantara XLIII/2023 dihadiri sejumlah pejabat tinggi, antara lain Pangdam I/BB (Bukit Barisan), Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, para Kepala Staf Angkatan, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Danjen Akademi TNI Letjen TNI Teguh Arief I, Kalemdiklatpol Komjen Pol Purwadi Arianto, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl, serta pejabat TNI-Polri Sumatera Barat dan unsur Forkopimda beserta istri.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Sebelum membuka kegiatan Latsitarda Nusantara XLIII/2023, Pangdam I/BB bersama Gubernur dan Kapolda Sumbar menyambut kedatangan Panglima TNI beserta Kepala Staf Angkatan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Latsitarda Nusantara XLIII/2023 akan berlangsung dari tanggal 19 Mei hingga 8 Juni 2023 di lima kota di Provinsi Sumatera Barat.

Total peserta yang mengikuti latihan ini adalah sebanyak 1.309 orang, terdiri dari 356 Taruna dan Taruni Akademi Militer (Akmil), 97 Akademi Angkatan Laut (AAL), 113 Akademi Angkatan Udara (AAU), 269 Akademi Kepolisian (AKPOL), 100 IPDN, 40 Poltek BSSN, dan 100 Mahasiswa Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, serta 234 orang pengasuh.

Dalam amanatnya, Panglima TNI menjelaskan bahwa tujuan dari Latsitarda Nusantara ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para Taruna-Taruni Akmil, AAL, AAU, Akpol, Praja IPDN, dan Taruna Poltek Siber Sandi Negara (SSN), serta mahasiswa sebagai calon pemimpin di masa depan.

Panglima TNI berharap agar peserta dapat bersinergi dalam menjalankan tugas-tugas mereka di masa depan dan latihan ini fokus pada integrasi dan soliditas di antara para taruna wreda dalam pelaksanaan berbagai kegiatan fisik maupun non-fisik.

Selain itu, Panglima TNI juga menjelaskan bahwa Latsitarda Nusantara ini adalah program tahunan yang bertujuan untuk memupuk dan memantapkan kemanunggalan antara TNI-Polri dengan masyarakat, serta menanamkan dan menumbuhkan jiwa kejuangan, cinta tanah air, serta semangat integrasi bagi Taruna Akmil, AAL, AAU, Akpol, Praja IPDN, Taruna Poltek SSN, dan mahasiswa.

“Melalui Latsitarda Nusantara ini, kami berusaha membangun soliditas antara TNI-Polri dan masyarakat, membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kemampuan akademik, serta menambah wawasan, sebagai bekal untuk menyongsong tugas di masa yang akan datang,” kata Panglima TNI.

(Pendam I/BB)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT