banner pemkab muba
Pasaman BaratSumatera Barat

1.100 Nelayan Air Bangis Dapat Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

475
×

1.100 Nelayan Air Bangis Dapat Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Sebarkan artikel ini
Nelayan Pasbar Dapat Bantuan Bpjs Ketenagakerjaan
Gubenrur Sumbar, Mahyeldi serahkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada Nelayan Air Bangis, Pasbar. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada 1.100 nelayan di Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat dengan premi selama satu tahun. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga diserahkan beberapa item bantuan perikanan kepada masyarakat Pasbar.

Bantuan BPJS Ketenagakerjaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Jefri Iswanto, Bupati Pasbar Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, di RTH Air Bangis, Jumat (2/6/2023).

Hadir juga Sekda Provinsi Sumbar Hansastri, Sekda Kabupaten Pasaman Barat Hendra Putra, Ketua DPRD Pasbar Erianto, anggota DPRD provinsi dan Pasbar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Reti Wafda dan Kepala OPD Sumbar lainnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pasbar Zulfi Agus dan kepala OPD Pasbar lainnya serta stakeholder terkait.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan keselamatan nelayan harus menjadi perhatian semua pihak, salah satunya dengan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

“Apalagi risiko menjadi nelayan cukup tinggi, rintangan dan tantangan banyak dihadapi saat mencari ikan di lautan. Hasil laut yang dicari oleh nelayan untuk kita yang di darat ini. Maka, keselamatan mereka harus diutamakan. Melalui BPJS Ketenagakerjaan ini kita akomodir sebanyak 1.100 nelayan yang ada di Air Bangis ini. Karena dari laporan Bapak Bupati Hamsuardi tadi nelayan di Pasbar ada sebanyak 12.360 orang,” katanya.

Ia menambahkan, dari 7 kabupaten kota di Sumbar yang memiliki nelayan. Nelayan Air Bangis menjadi salah satu yang mendapatkan perhatian serius dari Pemprov Sumbar.

“Karena kami lihat nelayan Air Bangis ini memiliki potensi yang bagus. Keunggulan nelayan Air Bangis ini banyak, diantaranya ikan yang ada di sini langsung bisa diekspor ke luar negeri termasuk ikan tenggiri. Untuk itu, diharapkan juga kita bisa melihat bulan-bulan yang banyak menghasilkan ikan, sehingga nelayan bisa memaksimalkannya,” kata Mahyeldi Ansharullah.

Mahyeldi Ansharullah juga menjelaskan, bahwa Pasbar mendapatkan perhatian yang lebih dari Provinsi Sumbar, dengan hampir Rp 20 miliar bantuan dikucurkan untuk Kabupaten Pasaman Barat pada kesempatan tersebut.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Jefri Iswanto mengatakan BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungi nelayan dari resiko kecelakaan kerja atau risiko lainnya, sehingga tidak mengganggu mata pencarian nelayan yang membuat kebutuhan keluarga tidak terpenuhi.

“Risiko kerja ini kapan saja bisa terjadi. Maka dari itu BPJS Ketenagakerjaan hadir memberikan solusi kepada nelayan. Karena nelayan ini memiliki risiko yang tinggi, mulai dari berangkat mencari ikan di laut hingga balik ke rumah. Asuransi BPJS Ketenagakerjaan yang akan diterima oleh peserta itu sangat beragam, mulai dari asuransi kematian, asuransi kecelakaan kerja hingga asuransi pendidikan anak. Besarnya juga beragam mulai dari ratusan juta hingga Rp 42 juta, kecelakaan kerja tidak di laut misalnya itu dengan peserta besaran premi Rp 16.800,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh nelayan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat ikut menjadi peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Karena manfaatnya akan dirasakan oleh keluarga jika peserta mengalami kecelakaan kerja.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600