Sumatera Barat

Inovatif Kembangkan Energi Terbarukan, Pemprov Sumbar Raih Penghargaan Tingkat Nasional

205
×

Inovatif Kembangkan Energi Terbarukan, Pemprov Sumbar Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini
Pemprov Sumbar Raih Penghargaan Tingkat Nasional
Pemprov Sumbar Raih Penghargaan Tingkat Nasional dari DEN, diterima Sekdaprov Hansastri. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kembali berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional. Pengakuan terbaru diberikan oleh Dewan Energi Nasional (DEN) dalam kegiatan Energy Transition Conference & Exhibition (ETCE) 2023 di Assembly Birawa, Hotel Bidakara Jakarta, Jum’at (20/10/2023) malam.

Provinsi Sumbar ditetapkan oleh DEN sebagai juara 3 kategori daerah yang memiliki inovasi terbaik dalam pengembangan energi terbarukan di tingkat nasional Tahun 2023, sedangkan juara 2 diraih oleh Provinsi Jawa Barat dan juara 1 diraih oleh Provinsi Jawa Timur.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Penghargaan yang diserahkan oleh As Natio Lasman selaku anggota DEN itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri yang hadir mewakili Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Usai menerima penghargaan, Sekda Prov. Sumbar mengatakan ini adalah kali kedua Pemprov Sumbar menerima penghargaan tingkat nasional dari DEN terkait energi terbarukan. Menurutnya, itu merupakan bukti keseriusan Sumbar dalam mendukung program nasional untuk mewujudkan ketahanan energi di Indonesia.

“Kita di Sumbar, sangat serius dalam mendorong percepatan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) di 2060. Buktinya, Sumbar telah 2 kali berturut-turut mendapat penghargaan dari DEN,” ucap Sekda Prov. Sumbar, Hansastri.

Ia kemudian menguraikan, sebelumnya pada 2022 lalu, ketika ajang penganugerahan ini pertama kali digelar. Sumbar meraih penghargaan sebagai juara 2 karena dinilai DEN sebagai daerah yang berhasil dalam pengimplementasian Perda tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (Perda RUED-P), khususnya untuk penggunaan EBT dan Tahun 2023 ini, Sumbar kembali berhasil mendapat pengakuan dari DEN atas inovasi yang dilakukannya dalam pengembangan energi terbarukan di daerah.

Keberhasilan tersebut, sambung Hansastri, tentu tidak terlepas dari peran dan dukungan banyak pihak. Karena memang, dalam menjalankan roda pembangunan, Pemprov Sumbar selalu mengedepankan pola kolaborasi.

“Capaian ini adalah buah dari kerja keras banyak pihak. Mulai dari Pemprov Sumbar sendiri, DPRD, dan para praktisi, akademisi, serta seluruh masyarakat Sumbar. Kemudian hingga bisa sejauh ini, tentu itu juga berkat dukungan dan pembinaan dari Pemerintah Pusat,” tegas Hansastri.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Djoko Siswanto mengatakan ETCE dilaksanakan dalam rangka mendorong percepatan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) di 2060. Menurutnya, ini adalah tahun ke-2 pelaksanaan kegiatan serupa, pertama kali digelar Tahun 2022 yang lalu. Sedangkan tema yang diusung pada tahun ini adalah “Collaboration to Realize Energy Transition Towards Net Zero Emission 2060”.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT