Sumatera BaratParlemen

Gubernur Terima Laporan Reses DPRD Sumbar Masa Sidang Pertama 2023/2024

163
×

Gubernur Terima Laporan Reses DPRD Sumbar Masa Sidang Pertama 2023/2024

Sebarkan artikel ini
Gubernur Terima Laporan Reses Dprd Sumbar Masa Sidang Pertama 2023/2024
Gubernur Mahyeldi Terima Laporan Reses DPRD Sumbar Masa Sidang Pertama 2023/2024. (f/pemprov sumbar)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menerima laporan Pelaksanaan Reses DPRD Sumbar masa Persidangan Pertama tahun 2023/2024, Rabu (27/12/2023).

“Pelaksanaan masa persidangan pertama telah menghasilkan banyak hal, baik pembentukan Perda, hingga pengawasan yang terus mendukung kelancaran pelaksanaan pemerintah daerah,” ucap Gubernur saat Sidang Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua 2023/2024 di Ruang Sidang Utama DPRD Sumbar.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Gubernur Mahyeldi mengingatkan, masih banyak agenda penting yang menunggu pada masa persidangan kedua. Terlebih lagi, momen tersebut bertepatan dengan pelaksanaan agenda Pemilihan Umum (Pemilu), sehingga anggota DPRD harus bisa melakukan manajemen waktu dengan sebaik-baiknya.

“Pemprov Sumbar selalu mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPRD Sumbar, dengan harapan semuanya dapat berjalan lancar, sukses, dan tepat waktu. Oleh karenanya, koordinasi dan sinkronisasi ke depan harus terus ditingkatkan. Sebab, tantangan semakin berat seiring makin kompleksnya persoalan yang berkembang di tengah masyarakat,” ucap Gubernur lagi.

Gubernur Mahyeldi juga menyinggung kondisi pembiayaan daerah yang saat ini tidak terlalu baik, sehingga dibutuhkan kreativitas lebih untuk mengungkap dan mengungkit potensi pendapatan daerah, serta menekan segala bentuk pengeluaran yang tidak tepat guna. Gubernur menilai, hal ini penting dilakukan agar daerah tak selalu bergantung pada dana alokasi umum (DAU).

“Kita harus makin kreatif dalam meningkatkan pendapatan daerah, sebab ini akan sangat berpengaruh pada percepatan pembangunan daerah. Bahkan, kita perlu melakukan belanja-belanja yang berdampak langsung pada pendapatan. Mudah-mudahan, apa yang menjadi harapan bersama ini, dapat didiskusikan secara lebih mendalam,” ujarnya.

Sidang Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2023/2024 di Ruang Sidang Utama DPRD Sumbar tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar. Sementara penyampaian laporan pelaksanaan reses masa persidangan pertama dibacakan oleh Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis.

“Di antara yang telah dihasilkan adalah empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), di mana dua di antaranya telah ditetapkan dan dua lainnya sedang menuju proses penetapan pada masa sidang kedua. Semoga segala sesuatu yang telah dihasilkan dapat ditindaklanjuti oleh Pemda melalui OPD terkait,” ucap Irsyad Syafar.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT