Padang PanjangSumatera Barat

SWMS Masuk 99 Besar Finalis KIPP, PDAM Padang Panjang Gelar Persiapan

221
×

SWMS Masuk 99 Besar Finalis KIPP, PDAM Padang Panjang Gelar Persiapan

Sebarkan artikel ini
PDAM Padang Panjang Gelar Persiapan
PDAM Padang Panjang Gelar Persiapan Penilaian KIPP 2023. (f/kominfo)

Mjnews.id – Inovasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Padang Panjang masuk dalam 99 besar finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Untuk persiapan penilaian tahap berikutnya, digelar Rapat Persiapan, di ruang Direktur PDAM, Kamis (22/6/2023).

Sebelumnya, Bagian Organisasi Setdako mengusulkan empat inovasi unggulan Kota Padang Panjang. Di antaranya Smart Water Management System (SWMS) PDAM, Remote Area Community Hotspot for Education and Learning (RACHEL) SMPN 6, Selalu Samawa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Smart Hospital dari RSUD.

Setelah melewati seleksi administrasi, empat inovasi tersebut dinyatakan lolos. Namun saat nominasi finalis sebanyak 198 inovasi se-Indonesia, SWMS satu-satunya inovasi dari Padang Panjang yang lolos.

Selanjutnya, kembali lolos sebagai finalis 99 inovasi yang akan berlanjut pada seleksi presentasi dan wawancara yang akan dilakukan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano pada 3 Juli mendatang.

Aplikasi SWMS ini merupakan pertama di Sumatera Barat. Aplikasi ini menjadi terobosan baru PDAM menuju Smart Water Company. SWMS yang sudah berjalan di samping sensor tekanan, yang lainnya juga ada sistem pemantauan operasi pompa melalui handphone, monitoring tinggi muka air reservoir menggunakan CCTV, pengurasan pipa secara otomatis. Dan yang terbaru adalah pembacaan meter air produksi dan distribusi menggunakan CCTV.

Direktur PDAM, Adrial A. Bakar saat Rapat Koordinasi Persiapan bersama Kemenpan RB secara daring, berharap kerja sama semua pihak terkait untuk menyukseskan seleksi presentasi dan wawancara yang akan dilaksanakan awal bulan ini.

“Kita berharap dengan kerja sama kita semua ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa masuk 45 besar se-Indonesia,” ujarnya.

(tia/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600