Solok SelatanSumatera Barat

Sampaikan Tausiah di MTQ Sumbar di Solok Selatan, UAS Sampaikan Pesan Ini

245
×

Sampaikan Tausiah di MTQ Sumbar di Solok Selatan, UAS Sampaikan Pesan Ini

Sebarkan artikel ini
Ustaz Abdul Somad Berikan Tausiah Di Mtq Nasional Xl Tingkat Provinsi Sumatera Barat
Ustaz Abdul Somad berikan tausiah di MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat di GOR Rimbo Tangah, Kabupaten Solok Selatan. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatra Barat di Kabupaten Solok Selatan sangat istimewa dengan kehadiran Ustaz Abdul Somad (UAS).

Seluruh kafilah MTQ se-Sumbar, masyarakat Solok Selatan dan sekitarnya yang diperkirakan ribuan orang memadati GOR Rimbo Tangah untuk melihat dan mendengarkan secara langsung tausiah UAS.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

UAS hadir dalam rangka Tablig Akbar yang diselenggarakan Pemkab Solok Selatan ini sampaikan pesan penting dalam tausiahnya.

Berkaitan dengan capaian MTQN XL Tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), UAS pesankan Triple T (Tahsin, Tahfiz, Tadabur) untuk mewujudkan minat baca Alquran.

T pertama Tahsin. Tahsin berasal dari kata hasana – yuhasinu – tahsinan yang berarti memperbaiki dan membaguskan.

“Tahsin, perbaiki bacaannya. Mulai dari tajwid, bacaan huruf dan dasarnya,” kata UAS pada tabliq akbarnya di GOR Rimbo Tangah, Sabtu malam (16/12/2023).

T yang kedua adalah Tahfiz. Tahfiz mengenai proses menghafal bacaan. Artinya harus ada peningkatan hafalan di setiap bacaannya.

Kemudan T yang ketiga Tadabur. Tadabur merupakan tingkatan lanjutan mengenai pemahaman membaca isi dan makna dari bacaan Al-Qur’an.

Triple T ini, kata UAS, dapat sebagai pencegahan buta huruf baca Al-Qur’an, dimana saat ini minat baca Al-Qur’an di Indonesia masih terbilang rendah.

Menyikapi momentum MTQN XL Tingkat Provinsi Sumbar ini, penting setelahnya melakukan perbaikan dan peningkatan berdasarkan konsep Triple T ini.

Pentingnya membaca Al-Qur’an sebagai jaminan setiap insan ke akhirat. Sebab yang akan sampai ke akhirat itu hanyalah amalan bacaan Quran, bukan materi dan jabatan.

“Yang sudah belajar Tahsin tingkatkan ke Tahfiz. Kalau sudah Tahfiz lanjutkan ke Tadabur-nya. Semoga minat baca Quran anak cucu kemenakan kita akan terus membaik dan meningkat,” pesan UAS mengakhiri tausiahnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT