ADVERTISEMENT
TNISumatera Barat

Hari Dharma Samudera ke-62, Gubernur Sumbar Pimpin Upacara Tabur Bunga di Atas KRI Cakalang

97
×

Hari Dharma Samudera ke-62, Gubernur Sumbar Pimpin Upacara Tabur Bunga di Atas KRI Cakalang

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Pimpin Upacara Tabur Bunga Di Atas Kri Cakalang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Pimpin Upacara Tabur Bunga Peringatan Hari Dharma Samudera ke-62 di Atas KRI Cakalang. (f/pemprov)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, bertindak selaku Inspektur pada Upacara Tabur Bunga yang diselenggarakan oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang.

Upacara tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Dharma Samudera ke-62 dan dilaksanakan di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Cakalang, di perairan Teluk Bayur Kota Padang pada Senin 15 Januari 2024.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Upacara dimulai dengan mengenang perjuangan para pahlawan samudera yang telah berkontribusi dalam merebut, menjaga, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga  Kadis Kominfotik Sumbar Gelar Rapat Staf

Gubernur Mahyeldi Ansharullah berharap agar semangat patriotisme para pejuang tersebut dapat dijadikan teladan dan diwarisi oleh generasi penerus bangsa.

Setelah memimpin upacara tabur bunga, Gubernur Mahyeldi Ansharullah menyampaikan bahwa momen tersebut terasa sangat khidmat dan mengharukan. Ia menekankan pentingnya menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, terutama dalam konteks Indonesia sebagai negara maritim dengan laut yang luas dan garis pantai yang panjang.

Gubernur juga mengingatkan agar generasi saat ini tidak lengah dan terus meningkatkan kapasitasnya. Ia mengajak untuk mendekatkan anak-anak dengan laut, mencintai laut, dan memiliki keterampilan berenang. Kehidupan di daratan, menurutnya, sangat bergantung pada hasil laut.

Baca Juga  Bersama BPJamsostek, Pemkab Sijunjung Launching Program Satu Nagari 100 Pekerja Rentan

Gubernur juga berharap pendidikan kelautan dapat dilakukan secara lebih masif.

Gubernur Mahyeldi Ansharullah mengucapkan terima kasih kepada Danlantamal II Padang dan seluruh jajaran yang telah menyelenggarakan upacara tabur bunga sebagai bagian dari peringatan Hari Dharma Samudera.

Ia mengakui bahwa memimpin upacara di atas kapal di tengah laut merupakan pengalaman yang menarik, memicu pemikiran tentang kesulitan dan pengorbanan para pejuang yang berjuang di lautan untuk mempertahankan NKRI.

Kami Hadir di Google News