ADVERTISEMENT
BeritaKepulauan MentawaiKPUSumatera Barat

KPU Mentawai Mulai Sortir dan Melipat Surat Suara Pemilu 2024

136
×

KPU Mentawai Mulai Sortir dan Melipat Surat Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Kpu Mentawai Mulai Sortir Dan Melipat Surat Suara Pemilu 2024
KPU Mentawai Mulai Sortir dan Melipat Surat Suara Pemilu 2024, Sabtu (13/1/2024). (f/ist)

Mjnews.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Mentawai (KPU Mentawai) mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024. Pada penyortiran dan pelipatan hari pertama ini, dimulai dari Surat suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI).

Belum ada laporan berapa surat suara yang rusak atau tidak bisa digunakan berdasarkan hasil penyortiran dan pelipatan hari pertama ini.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Pada proses penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Mentawai membentuk petugas penyortir dan pelipat surat suara Pemilu 2024, sebanyak 50 orang yang dibagi ke dalam 10 kelompok.

Sebelum memasuki gedung penyortiran surat suara itu, yang bertempat di Gudang Logistik Pemilu 2024 tersebut, para petugas dari masyarakat umum itu diperiksa secara ketat oleh petugas pengawas dari KPU Mentawai, supaya tidak membawa benda apapun kedalam lokasi pelipatan saat penyortiran dan pelipatan dilakukan.

Baca Juga  KPU Mentawai Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Bersama Jurnalis

Bahkan pada saat pelipatan, petugas ini juga diawasi dan didampingi langsung oleh Petugas Pengawas dari KPU Mentawai. Selain pengawas dari KPU Mentawai, Bawaslu Mentawai serta personil Polres Mentawai juga turut mengawasi. Pengawasan ketat itu dilakukan untuk menghindari terjadinya pencoblosan surat suara sebelum 14 Februari 2024 nanti.

“Hari ini, sortir dan pelipatan surat suara pemilihan DPR RI telah dimulai. Kita belum merekap berapa jumlah surat suara yang sudah terlipat. Rekapnya nanti akan kita tampilkan secara langsung pada papan pengumuman di lokasi sortir dan lipat suara,” ujar Ketua KPU Mentawai, Halomoan Pardede, Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga  Kadishut Sumbar Yozarwardi Resmikan Pemakaian Rumah Dinas

Pardede Ketua KPU Mentawai biasa disapa mengatakan, target pelipatan surat suara akan selesai pada hari Jumat tanggal 19 Januari 2024, berdasarkan evaluasi hari pertama ini KPU Mentawai akan menambah 10 orang lagi petugas sortir dan lipat, sehingga dg jumlah 60 orang tersebut akan rampung dilaksanakan sesuai target yang ditentukan.

Jika surat suara selesai disortir tepat waktu sesuai yang ditargetkan, maka lanjut Pardede, seluruh logistik Pemilu tersebut akan dapat didistribusikan ke 367 Tempat Pemungutan Suarat (TPS) di 43 Desa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kami Hadir di Google News