banner pemkab muba
Jawa Barat

Gempa Bumi dengan Kekuatan M4,6 Guncang Kabupaten Garut, Jawa Barat

252
×

Gempa Bumi dengan Kekuatan M4,6 Guncang Kabupaten Garut, Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi gempa.

Mjnews.id – Gempa Bumi dengan kekuatan Magnitudo (M)4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan laporan dari BMKG Gempa Bumi yang mengguncang wilayah Garut tersebut, terjadi pada Sabtu 5 Agustus 2023 siang sekitar kurang lebih pukul 11:15 WIB.

“Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa Gempa Bumi ini berkekuatan M4,6,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang dikutip mjnews.id dari keteranganya, pada Sabtu 5 Agustus 2023.

Menurut BMKG menyatakan jenis dan mekanisme Gempa Bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Gempa Bumi yang terjadi merupakan jenis Gemp Bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Selain itu dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

Gempa Bumi ini dirasakan di wilayah Garut, Simpenan, Warungkondang, Singajaya, Cikalong, Pangalengan, Cikajang, Cidaun dan Sindangbarang dengan Skala Intensitas II – III MMI.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Cianjur dan Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI, Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak Gempa bumi tersebut.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600