ADVERTISEMENT
Kemendag

Wamendag Ingatkan Masyarakat Harus Cerdas dalam Transaksi Digital agar Terhindar dari Penipuan

95
×

Wamendag Ingatkan Masyarakat Harus Cerdas dalam Transaksi Digital agar Terhindar dari Penipuan

Sebarkan artikel ini
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (f/eki baehaki)

Mjnews.id – Wakil Menteri Perdagangan atau Wamendag Jerry Sambuaga minta masyarakat harus lebih cerdas lagi saat melakukan transaksi digital.

Disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, karena maraknya banyak pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menawarkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan para konsumen.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Menurutnya, hal itu merupakan bentuk penipuan yang berdampak merugikan terhadap konsumen dan bukan hanya itu di dunia digitalisasi juga banyak bermunculan informasi yang tak bisa benarkan alias hoaks.

Untuk itu guna memberikan perlindungan terhadap konsumen, kata Jerry, Kementerian Perdagangan rutin memberikan sosialisasi ke seluruh tanah air. Tentang bagaimana memilih dan membeli barang di era digilisasi agar para konsumen tidak membeli barang yang salah.

“Sosialisasi perlindungan konsumen dilakukan karena banyaknya penipuan, penyalahgunaan, dan banyaknya hoaks -hoaks. Untuk itu kami Kementerian Perdagangan ingin memastikan agar hal itu tidak terjadi agar konsumen dapat terlindungi hak- hanknya,” kata Jerry kepada wartawan usai membuka sosialisasi pembinaan perlindungan bonsumen bertajuk ‘Cerdas di Era Digilisasi’ di Bekasi, Kamis 18 Januari 2024.

Baca Juga  HLF on TII Tegaskan Pentingnya Peran Strategis G20 dalam Pemulihan Ekonomi Global

Dia juga menyebut,literasi, pengetahuan dan pengalaman di era digitalisasi ini konsumen juga perlu diperhatikan. Agar mereka terhindar dari beragam penipuan di saat membeli sebuah barang atau produk.

“Kegiatan ini adalh bukti keseriusan pemerintah untuk mencegah dan melindungi masyarakat agar tidak terjebak dalam membeli barang,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ahmad Andi Bahri salah seorang narasumber acara tersebut mengatakan di era digitalisasi saat ini memang banyak bertebaran WA Spam. Oleh karena itu kecerdasan dan ketelitian untuk menangkal semua datang dari diri sendiri dengan cara mengecek terlebih dahulu informasi apa yang didapat.

Baca Juga  Peluang Baru, Wamendag Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan IUAE-CEPA

“Kita cek-cek dulu jangan asal klik, nah ini yang jadi masalah begitu kita klik,kadang bahasanya memang menggiurkan sehingga banyak orang ingin mengklik. Sebaiknya di cek kembali agar dapat memastikan bahwa informasi itu memang benar,” ujar Andi.

Ia juga menegaskan, jika pemerintah sudah sangat serius untuk mengatasi hal-hal seperti itu Diantaranya dengan menerbitkan regulasi tentang perlindungan terhadap kinsumen agar mereka tidak merasa rugikan saat membeli barang.

“Saya sangat mengapresiasi Kemendag dengan program edukasi perlindungan konsumen yang dapat menembus masyarakat yang paling bawah untuk berpikir cerdas di era digital. Sehingga konsumen atau masyarakat tidak terjebak dan tergiur dengan barang barang yang murah,” pungkas Andi yang juga merangkap Sekjen AMPI .

Kami Hadir di Google News