banner pemkab muba
Kemensos

7 Petugas Kementerian Sosial Ikuti Pelatihan Pengembangan Remaja di Seoul

484
×

7 Petugas Kementerian Sosial Ikuti Pelatihan Pengembangan Remaja di Seoul

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Pengembangan Remaja Di Seoul
Pelatihan Pengembangan Remaja di Seoul. (f/humas kemensos)

Mjnews.id – Sejak Senin 22 Mei 2023, 7 orang petugas dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) bersama 8 orang petugas dari Dinas Sosial DKI Jakarta mengikuti pelatihan Invitational Training Program di Seoul, Korea Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung dan memperkuat kapasitas petugas kesejahteraan sosial dalam mengembangkan dan mengoperasikan program bagi kaum muda di pusat rehabilitasi sosial.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini juga dapat semakin mempererat kerjasama antara Negara Indonesia dan Korea demi pengembangan program terbaik bagi masyarakat,” kata Direktur World Vision Korea, Dr. Myunghwan CHO dalam keterangannya, pada Jumat 26 Mei 2023.

Kegiatan dengan tema Enhanching Social Rehabilitation Support for the Vulnerable Youth in Indonesia ini dilaksanakan sebagai kerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA). Program ini difasilitatori oleh beberapa lembaga pelatihan internasional Korea, seperti World Vision Korea, Korea Institute for Development Strategy (KDS), dan Re:bach International.

Peserta dari Kementerian Sosial merupakan pekerja sosial pada Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak, Lanjut Usia, Disabilitas, serta pekerja sosial pada 2 UPT, yaitu Sentra Handayani di Jakarta dan Sentra Efata di Kupang. Selain itu, terdapat pula penyuluh sosial dari Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial serta Direktorat Pemberdayaan Sosial.

Pada hari pertama, seluruh Delegasi dari Indonesia diberikan orientasi kegiatan oleh panitia penyelenggara. Dr. Myunghwan mengatakan berterima kasih dan menyambut kehadiran seluruh delegasi dari Indonesia.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan salam pembuka oleh perwakilan dari Indonesia, Patrick Alexander, pekerja sosial dari Sentra Efata di Kupang. Pada pembukaannya, ia menyampaikan harapan untuk dapat ikut serta dalam mendukung pemuda-pemuda Indonesia Timur untuk juga membantu pembangunan daerah. “Setelah training ini, saya akan membagikan informasi dan ilmu yang saya dapatkan ke kolega serta para pemuda di Kupang,” ujarnya.

Kegiatan di hari kedua, seluruh delegasi diperkenalkan dengan program-program kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh Pemerintah Metropolitan Seoul. Seluruh delegasi diperkenalkan dengan tata ruang gedung yang ramah lingkungan, environment-friendly, new and renewable energy. Gedung ini dikelilingi oleh jendela yang terbuat dari kaca termal yang dapat disesuaikan temperature udaranya.

Jendela tersebut secara otomatis akan terbuka dan tertutup mengikuti suhu ruangan. Seluruh daya penerangan pada Gedung ini menggunakan solar termal dan geothermal energi. Di seluruh ruangan Gedung ini pula ditumbuhi dengan banyak tumbuhan yang juga membantu proses pertukaran udara yang baik sehingga dapat membantu menjaga lingkungan.

Gedung Pemerintahan Metropolitan Seoul juga dipersiapkan untuk masyarakat luas, sehingga seluruh masyarakat Seoul bisa bersantai, bertemu dengan rekan atau kawan-kawan, serta dapat memanfaatkan ruang-ruang di dalam Gedung semaksimal mungkin. Di dalam Gedung Kerja Seoul ini juga terdapat sebuah museum yang menunjukkan sejarah-sejarah pendirian Gedung lama yakni tahun 1946 hingga pembangunan Gedung baru, saat ini.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600