LampungLampung Utara

Ketika Wabup Lampura Menari Cangget Bagha Mulei Meranai di Sungkai Selatan

261
×

Ketika Wabup Lampura Menari Cangget Bagha Mulei Meranai di Sungkai Selatan

Sebarkan artikel ini
Wabup Lampura Menari Cangget Bagha Mulei Meranai di Sungkai Selatan
Wabup Lampura, Ardian Saputra (kanan) Menari Cangget Bagha Mulei Meranai di Sungkai Selatan. (f/kominfo)

Mjnews.id – Cangget Bagha Mulei Meranai di Desa Kota Agung, Kecamatan Sungkai Selatan, begitu meriah dengan suara gemuruh tepuk tangan diiringi sorakan ketika menyaksikan secara langsung orang nomor dua di Lampung Utara (Lampura) menarikan tarian cangget. Bahkan ada warga juga yang mengabadikan momen langka itu dengan cara mengambil videonya dan berfoto selfie.

“Alhamdulillah, Cangget Bagha Mulei Meranai malam hari ini begitu ramai, hal itu menunjukkan kecintaan pemuda pemudi di sini begitu cinta dengan ada budaya Lampung sehingga nanti dapat membawa kemajuan juga bagi Lampung Utara,” kata Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra kepada seusai menari cangget bersama dengan tokoh adat di Kecamatan Sungkai Selatan, Rabu (26/4/2023).

Menurut dia, dalam melestarikan ada budaya Lampung merupakan peran yang penting di era modern ini untuk tetap mempertahankan adat budaya Lampung meskipun telah banyak budaya budaya asing yang sudah mulai masuk kita masih bisa terus melestarikan adat budaya peninggalan nenek moyang sampai saat ini.

“Kita harus bersama sama melestarikan adat budaya Lampung sebagai upaya mendukung pemerintah memajukan kabupaten tercinta agar bisa berkembang menjadi lebih baik,” tuturnya.

Sementara, Panda dessi saputra/ ketua lembaga masyarakat desa kota agung mengatakan Cangget Bagha Mulu Meranai bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat khusus pemuda pemudi untuk mengenal lebih jauh adat budaya Lampung yang kian hari semakin memudah tergerus perkembangan dunia modern.

“Jadi dengan adanya kegiatan semacam ini, pemuda pemudi bisa terus belajar dan mengenal budaya Lampung,” jelasnya.

Cangget Bagha Mulei Meranai memiliki makna yaitu mempertemukan antara perempuan dan laki laki dari berbagai desa agar mereka bisa saling kenal satu sama lain sehingga kedepan bisa selalu terjalin ke keluarga dan silaturahmi juga terus terjaga.

“Ini artinya dari cangget Bagha Mulei Meranai yang pada intinya mempertemukan perempuan dan laki laki agar bisa saling mengenal,” tuturnya.

Terpisah, Camat Sungkai Selatan Riya Yuliza menyampaikan, Cangget Bagha Mulei merani adalah agenda tahunan. Tujuannya untuk memperkenalkan kepada pemuda pemudi di Kecamatan Sungkai Selatan tentang adat budaya Lampung.

“Kita bisa saksikan sendiri, antusias pemuda pemudi disini begitu ramai agar adat budaya lampung bisa terus kita lestarikan sampai kapan pun,” terangnya.

(mpi)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600