Nasional

Manado Diguncang Gempa Bumi M6,2

164
×

Manado Diguncang Gempa Bumi M6,2

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi gempa.

Mjnews.id – Wilayah Sulawesi Utara tepatnya di Manado diguncang Gempa Bumi dengan kekuatan Magnitudo (M)6,2.

Gempa Bumi yang mengguncang wilayah Sulawesi Utara, Manado tersebut, terjadi pada pukul 06:26 WIB pagi ini, Kamis 16 November 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Kejadian dan Parameter Gempa Bumi pada Kamis 16 November 2023 pukul 06.26.17 WIB wilayah Laut Sulawesi, Manado, Sulawesi Utara diguncang Gempa tektonik,” ujar Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, di Jakarta, pada Kamis 16 November 2023.

BMKG melaporkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,9.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,98° LU ; 124,14° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 Km arah Barat Laut Kota Manado, Sulawesi Utara pada kedalaman 300 km,” kata Daryono.

Menurutnya jenis dan mekanisme Gempa Bumi ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng (Intraplate) Sangihe yang tersubduksi ke bawah laut Sulawesi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” pungkas Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT