banner pemkab muba
Parlemen

FGD di Bali, Mahyudin: Peran DPD Sangat Penting sebagai Representasi Keterwakilan Daerah

252
×

FGD di Bali, Mahyudin: Peran DPD Sangat Penting sebagai Representasi Keterwakilan Daerah

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (Dpd) Ri, Mahyudin
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Mahyudin. (f/dpd)

Mjnews.id – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Jumat (25/8/2023) melangsungkan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan mahasiswa, stakeholder pemerintah daerah di lingkungan Bali.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menjaring masukan, gagasan, pikiran-pikiran yang konstruktif dan subtantif serta peta jalan terkait agenda proposal ketatanegaraan DPD RI. Tujuan dari FGD ini menghasilkan rekomendasi untuk memperkaya dan memperkuat narasi agenda proposal ketatanegaraan DPD RI.

FGD berlangsung Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Bali bertajuk “Memperkuat Sistem Ketatanegaraan Sesuai Rumusan Pendiri Bangsa Berdasarkan Pancasila”.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Mahyudin, menyebut, ketimpangan dan disparitas masih terjadi di Indonesia saat ini. Meski Indonesia sudah merdeka 78 tahun, namun masih banyak rakyat yang belum menikmati hasil kemerdekaan itu.

Bahkan, menurut Mahyudin, internet dan listrik masih menjadi “barang langka” di beberapa daerah. Sebagian warga seperti di Kalimantan, terpaksa belanjanya ke Malaysia, berjalan kaki. Masalah keadilan dan kesenjangan masih menjadi pekerjaan rumah besar bangsa ini.

“Ketimpangan pembangunan juga terlihat di ibukota. Di Jakarta banyak jembatan tanpa sungai, sementara di daerah lain banyak sungai yang engggak ada jembatannya. Saya lihat kesenjangan begitu tinggi. Kuncinya keadilan yang belum merata,” sentil tokoh asal Kalimantan Timur ini.

Karenanya, peran DPD menjadi sangat penting sebagai representasi daerah. Negara yang besar seperti Indonesia tidak bisa meniadakan keterwakilan daerah. Wacara pembubaran DPD pun, menurutnya sebuah pikiran sesat.

“Boleh saja merubah nama lembaga ini, tapi rohnya harus tetap ada,” ucapnya.

DPD, kata dia, mestinya sebagai regional representative, agar diperkuat agar menjadi seimbang dengan kekuatan DPR. Sehingga daerah-daerah lebih berdaya dan bisa menghapus disparitas.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600