ParlemenInfrastruktur

Anggota DPR Ungkap, Infrastruktur untuk Kantor Kementerian di IKN Belum Dibangun

164
×

Anggota DPR Ungkap, Infrastruktur untuk Kantor Kementerian di IKN Belum Dibangun

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Saat Meninjau Progres Pembangunan Ibu Kota Nusantara, Beberapa Waktu Lalu
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara, beberapa waktu lalu.(f/ist/indonesia.go.id)

Mjnews.id – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus mengungkapkan secara gamblang pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara masih dalam proses tahap penuntasan.

Oleh karena itu, Guspardi Gaus meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar segera menuntaskan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Guspardi mengatakan hal ini saat kunjungan kerja (Kunker) ke IKN. Sebagaimana wacana Presiden Joko Widodo, pada tahun 2024 yang datang akan menggelar Upacara Hari Kemerdekaan (HUT RI) 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara.

“Kami sudah melakukan kunjungan kerja ke IKN, Panja (Komisi II) untuk melihat secara nyata bagaimana kondisi objektif infrastruktur yang sedang dibangun itu,” ucap Guspardi Gaus dikutip mjnews.id dari laman dpr.go.id pada Jumat 15 September 2023.

Selanjutnya, menurut Guspardi, mengenai pembangunan infrastruktur IKN Nusantara itu, masih dalam tahap proses, namun terkait pembangunan infrastruktur untuk kantor Kementerian hingga saat ini belum dilakukan.

“Memang ada beberapa hal yang sudah disiapkan dalam proses pembangunan itu. Namun saya lihat berkaitan dengan kantor kementerian agaknya belum dilakukan pembangunannya,” jelasnya.

“Termasuk kantor DPR pun kami dipandu oleh tim kami yang ada di sana menjelaskan bahwa lokasi Gedung DPR yang sifatnya masih belum tersentuh oleh pembangunan,” sambungnya.

Selain itu, Guspardi merasa bersyukur dengan adanya wacana Presiden Joko Widodo bakal menggelar acara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) pada 17 Agustus 2024 mendatang. Dia berharap Kementerian PUPR secepat melakukan percepatan pembangunan IKN Nusantara.

“Oleh karena itu, mudah-mudahan kita harapkan kalau memang ada obsesi daripada Bapak Presiden untuk melakukan acara peringatan ulang tahun (kemerdekaan) di tanggal 17 Agustus 2024 tentu kita harapkan percepatan pembangunan ini segera dilakukan,” ucap Anggota Komisi II DPR RI yang juga Anggota Badan Legislatif (Baleg).

Adapun tentang proses pembangunan ini, Guspardi mengatakan mendukung Otorita IKN agar segera atau secepatnya memproses pembanganun infrastruktur di IKN Nusantara.

“Nah, sekarang ini memang proses pembangunan itu sedang dilakukan percepatannya, di mana pelaksanaannya dilakukan 24 jam (yang) dilakukan 2 shift atau 3 shift, Dan ketika kami di situ (IKN) memang sedang berlangsung pembangunan itu dilakukan oleh pihak orang yang diberi tanggung jawab untuk melakukan proses dari pembangunan itu dari berbagai sektor,” tutup Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus.

(***)

Kami Hadir di Google News