Kota BukittinggiKesehatanSumatera Barat

Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 GH RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi

244
×

Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 GH RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 Gh Rsud Achmad Mochtar Bukittinggi
Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 GH RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi kepada Tim Penilai Independen KemenPANRB. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah berharap inovasi Lilaku 4 GH (Limbah Layakku Menuju Green Hospital) yang digagas oleh RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi menjadi inovasi pelayanan public yang terbaik di tingkat nasional. Ia menyebut, inovasi itu tidak hanya baik untuk lingkungan tapi juga bisa menekan biaya penanganan limbah di internal rumah sakit.

“Penanganan limbah infeksius menggunakan Inovasi Lilaku 4 GH, bisa menjadi solusi untuk lingkungan dan keuangan rumah sakit. Kita berharap ini bisa menjadi inovasi pelayanan publik yang terbaik secara nasional,” harap Gubernur Mahyeldi di Padang, Senin (3/7/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Ia menjelaskan, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) untuk menilai inovasi pelayanan publik yang digagas oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD se Indonesia.

Untuk tahun 2023 ini, berdasarkan surat pengumuman Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB No. B/308/PP.00.05/2023 tertanggal 16 juni 2023, telah terpilih sebanyak 99 inovasi pelayanan public terbaik sebagai finalis secara nasional. Dari 99 inovasi yang terpilih tersebut, salah satu diantaranya adalah inovasi Lilaku 4 GH yang digagas oleh RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.

Saat ini proses penilaiannya masuk ketahap presentasi dan wawancara bersama Tim Panel Independen (TPI). Dalam tahapan ini, Gubernur Mahyeldi bersama Direktur RSUD Dr. Achmad Mochtar Busril, Kepala Biro Organisasi Fitriati M dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asben Hendri memaparkan tentang sejarah lahirnya inovasi Lilaku 4 GH dan mekanisme teknis pengoperasiannya kepada para panelis secara daring atau melalui zoom meeting.

“Kita telah paparkan kepada para panelis melalui zoom meeting dengan sebaik mungkin, semoga hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Mahyeldi.

Dalam pemaparan yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Eko Prasojo, Gubernur Mahyeldi menegaskan inovasi Lilaku 4 GH, tidak hanya ramah terhadap lingkungan tetapi juga dapat menekan biaya penanganan limbah di internal rumah sakit.

“Inovasi Lilaku 4 GH ini selain dapat meminimalkan polusi dan cemaran lingkungan juga bisa menghemat pengeluaran rumah sakit dalam penanganan limbah infeksius,” tegas Mahyeldi.

Ia menyebut, menurut informasi dari tenaga ahli pengelolaan limbah dengan menerapkan inovasi Lilaku 4 GH tersebut, limbahnya tidak membahayakan lingkungan sekitar. Bahkan, dapat digunakan untuk memelihara ikan.

Gubernur Mahyeldi juga menyampaikan, kedepan teknologi yang sama akan diterapkan secara masif pada seluruh rumah sakit dan puskesmas lainnya di Sumbar. Ia mengaku, permintaan tersebut telah pernah ia sampaikan kepada jajarannya di Dinas Kesehatan Provinsi untuk dilakukan kajian.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT