Kota BukittinggiKesehatanSumatera Barat

Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 GH RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi

241
×

Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 GH RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 Gh Rsud Achmad Mochtar Bukittinggi
Gubernur Sumbar Presentasikan Inovasi Lilaku 4 GH RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi kepada Tim Penilai Independen KemenPANRB. (f/biro adpim)

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Direktur RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi, drg. Busril, MPH, menyampaikan bahwa inovasi LILAKU 4 GH itu merupakan bahagian dari upaya Pemprov. Sumbar menjadikan RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai rumah sakit ramah lingkungan.

“Kami terus berupaya untuk menjadikan RSUD Dr. Achmad Mochtar lebih ramah lingkungan, salah satu caranya melalui program Lilaku 4 GH ini,” ungkap Busril.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Ia menuturkan untuk pengolahan limbah cair, pihaknya telah mengolah sesuai inovasi Lilaku 4 GH dengan menggunakan alat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sehingga aman untuk lingkungan. Sedangkan untuk limbah padat, ia mengakui memang masih melakukan kerjasama dengan pihak ketiga.

Menurutnya, semenjak tahun 2018 s/d 2022, RSUD Dr. Achmad Mochtar telah berhasil mendaur ulang 19 ton limbah botol infus yang tidak terkontaminasi cairan tubuh, dengan itu pihaknya berhasil menekan pengeluaran untuk pengolahan limbah infeksius sebesar 20% atau setara dengan Rp. 257.750.100,-.

Tidak hanya itu, melalui pengolahan tersebut pihaknya juga berhasil memperoleh tambahan pendapatan sebesar Rp. 20.251.270,- dari penjualan hasil olahan limbah botol infus yang total beratnya mencapai 3.115,58 kg.

“Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari inovasi pengolahan limbah ini, tidak hanya penghematan tapi juga ada pendapatan disana” jelas Busril.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT