banner pemkab muba
Pasaman BaratSumatera Barat

Atasi Banjir, Batang Masang di Mandiangin Butuh Sentuhan Pembangunan Pemerintah

245
×

Atasi Banjir, Batang Masang di Mandiangin Butuh Sentuhan Pembangunan Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Begini Kondisi Akses Jalan Menuju Mandiangin Akibat Batang Masang Meluap
Begini kondisi akses jalan menuju Mandiangin akibat Batang Masang meluap.

KATIAGAN, MJNEWS.ID – Banjir yang berasal dari luapan Batang Masang, Mandiangin, Nagari Katiagan di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat merendam jalan dan memutuskan akses transportasi darat di wilayah tersebut, seperti yang terjadi Senin lalu.  

Hal ini selalu terjadi jika hujan lebat dan Sungai Batang Masang meluap. Ketinggian air bisa mencapai 1 meter. Ini merupakan persoalan yang terus berulang setiap musim penghujan tiba.

Akibat lain, tebing sungai semakin tergerus, lebih kurang satu meter lagi badan jalan akan terban akibat terkikis air. Jika hal ini dibiarkan, akan semakin memperparah kondisi. Akses menuju Nagari Katiagan akan bisa terputus total. 

Pj. Walinagari Katiagan, Tipi Marsal, S.Pd kepada media ini mengatakan, melalui anggaran nagari sudah dibangun turap. Tujuannya supaya dapat menahan tanah dan badan jalan dari terban. Akan tetapi, turap tersebut belum mampu menahan arus deras sungai jika meluap. Dan akhirnya turap tersebut rusak dan terban juga. 

Avvxsegh15Wzmyr4Rp5Kszl 9Kr66Snpokxwd9Ufoodhzm3Iffsjapj1W 6Vkl5Wpajeuipbwu5Ypvzcs33Eokp1Dfojqkiq79K51W7Vijt0Y24Ogl5 Wnsiuyk7Kl8Dwluenzryaykkfmvt6Calmgcrselsaeufsvfkngeg1Ghmuobjeabfchrxwdcjgtvsha=S320
Batang Masang, Mandiangin

“Butuh penahan tebing yang lebih kuat lagi. Seperti talud atau bronjong. Juga melakukan normalisasi Sungai Batang Masang. Hal ini tentu memerlukan biaya yang mahal. Anggaran nagari tidak akan mampu membiayainya,” katanya. 

Ia berharap, hal ini dapat menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Pasaman Barat atau Provinsi Sumatera Barat. Jika dibiarkan terus kerugian akan semakin banyak, dan bisa-bisa Mandiangin, Nagari Katiagan terisolasi. 

Avvxsehzoq8Bawlappgrovirlgkast4F4Mq1Cum5Vgwhcrx 18Iotzmvgpfxtopp Imojolq6 U6U90Dkuefkipclqv2V7 Shimnlvjxuicpn7Duhtzc Spipg Nst7Nskvub19G81Uqjhivqh Meginnroo6Rzkrkq099Pb7Ypwmwacdgf27Qbapvbphgymuq=S320
Turap Jebol Akibat Kikisan Air Sungai Yang Meluap

Ia juga berharap, ada korelasi berkesinambungan antara pemangku kebijakan yang ada di daerah, provinsi maupun pusat, dalam menuntaskan permasalahan  Batang Masang. 

“Bila banjir, akses jalan tidak bisa dilalui untuk keluar masuk Mandiangin. Baik kenderaaan maupun pejalan kaki. Jika ada hal yang emergency, tak ada daya dan upaya yang akan bisa diperbuat. Warga hanya bisa pasrah, sembari menunggu banjir surut,” ujarnya.

Avvxsejfhurmallevc5Bdvpyaelpxwcyxnwurizf8Uyc3Eweoiygulsjt3Hs6Onptx2 Ol3Pp2Aznatcqpqeuqzba5Yzf9Dzsyyh1Lt Ib3Yznreo
Pj. Walinagari Katiagan, Tipi Marsal, S.pd

Ia mengatakan warga di wilayah itu sudah lama berharap kepada pemerintah agar segera wilayah itu agar jalan tersebut tidak terendam banjir saat musim hujan.

Kalau banjirnya sebentar, tak terlalu berpengaruh bagi warga. Tapi itu jarang terjadi, banjir bisa berhari-hari, bahkan jika cuaca terus buruk bisa terjadi banjir berkelanjutan. Jika sudah banjir di daerah itu, warga Mandiangin terisolasi.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600