Padang PanjangSumatera Barat

KPU Padang Panjang Sosialisasikan Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

156
×

KPU Padang Panjang Sosialisasikan Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Sebarkan artikel ini
KPU Padang Panjang Sosialisasikan Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD
KPU Padang Panjang Sosialisasikan Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD. (f/maison)

MJNews.id – Menghadapi Pemilu bakal digelar tahun depan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang gelar sosialisasi Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) serta Alokasi Kursi untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rabu (12/4/2023) di Hotel Rangkayo Basa, Silaing Bawah, Padang Panjang Barat, diikuti Wartawan yang ada di Kota Padang Panjang.

Ketua KPU Okta Novisyah menyampaikan, Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang perubahan Dapil, di mana dalam UU KPU Nomor 6 Tahun 2023 menyoalkan adanya pergeseran jumlah Kursi Anggota DPRD Kota Padang Panjang pada 2024.

“Dengan dua Dapil, Padang Panjang Barat Dapil 1 dan Padang Panjang Timur dapil 2, terjadi pergeseran jumlah Kursi Anggota DPRD. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, ada pergeseran kursi di masing-masing dapil,” jelasnya.

Dengan alokasi Kursi DPRD Kota Padang Panjang yang berjumlah 20 kursi. Maka, untuk Pemilu 2024 terdiri 11 kursi Dapil 1 dan 9 kursi dapil 2. Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023, terjadi perubahan yang signifikan tentang jumlah kursi per dapil.

Perubahan alokasi kursi dikarenakan meningkatnya pertumbuhan penduduk di dapil 2. Mau tak mau, terjadi penambahan kursi Anggota DPRD. Artinya, perubahan kuota kursi DPRD bukan akal akalan KPU. Semua, perubahan itu dampak dari pertambahan jumlah penduduk di dapil 2 Padang Panjang Timur.

“Pada Pileg sebelum sebelumnya, jumlah kursi pada Dapil 1 berjumlah 11 Kursi. Pada pileg tahun 2024 terjadi pengurangan kursi untuk Padang Panjang Barat, menjadi 10 Kursi. Artinya, bertambah satu kursi untuk Padang Panjang Timur, sedangkan Dapil 1 berkurang satu kursi,” terang Sang Ketua.

KPU berharap, melalui Sosialisasi ini peran media menjadi garda terdepat untuk menyebar luas setiap perkembangan yang terjadi. Terkait, sebaran dapil dan Kursi DPRD Kota Padang Panjang pada pesta Demokrasi 2024 mendatang. Diharapkan sekali, partisipasi Media untuk menyukseskan alek lima tahunan ini. Pemilu serentak bakal digelar KPU 14 Februari 2024.

Dengan alokasi kursi DPRD Kota Padang Panjang yang berjumlah 20 Kursi untuk pemilu 2024 terdiri 11 kursi Dapil Kota Padang Panjang 1 Padang Barat dan 9 Kursi Dapil Kota Padang Panjang 2 Padang Panjang Timur.

Perubahan alokasi kursi dikarenakan oleh meningkatnya pertumbuhan penduduk di daerah pemilihan Kota Padang Panjang 2 (Kec. Padang Panjang Timur) sehingga bertambah satu kursi sedangkan daerah pemilihan (dapil ) Kota Padang Panjang 1 (Kec. Padang Panjang Barat) berkurang 1 kursi.

Adapun rumus penghitungan yang diterapkan KPU Kota Padang Panjang dalam penentuan dan penataan Dapil Anggota DPRD Kota Padang Panjang adalah Bilangan Pembagi Penduduk, yaitu jumlah penduduk berbanding lurus dengan jumlah kursi yang diperoleh, dengan kata lain harga kursi antara satu Dapil dengan Dapil lainnya.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Harry Hazari, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Padang Panjang saat penjelasan terkait perubahan dan kuota dan penetapan jumlah kursi serta penetapan daerah pemilihan Pemilu 2024.

Sementara itu, Afriendi Sikumbang, yang didaulat menjadi Moderator mengatakan, peran Media dalam mengwujudkan Pemilu serentak Tahun 2024 yang Demokratis dan bermartabat sangat diharapkan sekali.

“Suksesnya pelaksanaan Pemilu, media punya peran sentral sebagai filar ke Empat,” terang Efriendi.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600