Sumatera BaratParlemen

Fraksi DPRD Sumbar Bahas Ranperda Pengelolaan Sampah dan Struktur Organisasi

135
×

Fraksi DPRD Sumbar Bahas Ranperda Pengelolaan Sampah dan Struktur Organisasi

Sebarkan artikel ini
Fraksi Dprd Sumbar Bahas Permasalahan Sampah Dan Struktur Organisasi
Fraksi DPRD Sumbar Bahas Permasalahan Sampah dan Struktur Organisasi. (f/hary putra ramadhan)

Mjnews.id – Tujuh fraksi di DPRD Sumbar telah menyampaikan pandangan umum mereka terkait dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam sebuah rapat paripurna yang berlangsung pada tanggal 10 Oktober 2023.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi, yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar dan Suwirpen Suib.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Rapat juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Sekda Provinsi, para asisten, para ahli gubernur, para Kepala biro dan badan di lingkungan Pemprov Sumbar, serta Sekwan DPRD Raflis, dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menjelaskan bahwa satu dari dua Ranperda yang dibahas adalah mengenai perubahan ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah, sementara Ranperda kedua berkaitan dengan pengelolaan sampah.

Fraksi Gerindra, di sisi lain, menggarisbawahi masalah serius yang tengah dihadapi, yaitu masalah sampah. Mereka menekankan pentingnya perhatian serius dari semua pihak terkait masalah sampah ini. Mereka juga mencatat bahwa banyak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang sudah mencapai kapasitas maksimal.

“Kami, fraksi Gerindra, meminta penjelasan dari Gubernur mengenai kondisi TPA di Sumatera Barat saat ini, serta upaya kerjasama yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dalam pengelolaan sampah,” kata Hidayat, juru bicara fraksi Gerindra.

Di sisi lain, fraksi Demokrat meminta klarifikasi mengenai alasan di balik pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pertanahan oleh Gubernur. “Kami ingin memahami apakah bidang yang ada saat ini sudah cukup untuk mengatasi masalah tersebut atau tidak,” ujar juru bicara fraksi Demokrat.

(hpr)

Kami Hadir di Google News