Padang PanjangSumatera Barat

Iduladha di Padang Panjang, Penjual Santan dan Bumbu Banjir Rezeki

311
×

Iduladha di Padang Panjang, Penjual Santan dan Bumbu Banjir Rezeki

Sebarkan artikel ini
Penjual Santan dan Bumbu di Padang Panjang Banjir Rezeki
Penjual Santan dan Bumbu di Padang Panjang Banjir Rezeki. (f/kominfo)

Mjnews.id – Berkah Iduladha dirasakan pedagang di Pasar Pusat Padang Panjang. Terpantau sejak pagi, para pedagang sudah sibuk menyiapkan dagangannya.

Seperti pedagang kelapa parut misalnya. Mereka sudah menyiapkan sedari subuh memarut kelapa untuk diolah menjadi santan. Di saat Iduladha ini, permintaan kelapa parut dan santan melonjak tinggi.

Para pedagang mengaku, jelang Iduladha hingga saat ini, mereka bisa menghabiskan dua ribu butir kelapa bahkan lebih, baik yang diparut maupun yang sudah dijadikan santan.

“Sejak kemarin kami kewalahan melayani pembeli yang silih berganti datang membeli dan memesan santan,” ujar Andra, penjual santan di pasar, Rabu (28/6/2023).

Andra mengatakan, hari raya ini ia bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari hari biasa.

“Keuntungan dua kali lipat dari hari biasanya. Kami bisa menghabiskan 2.600 butir kelapa kalau dihari raya ini. Berbeda dengan hari biasa yang bisa menghabiskan paling banyak 1.500 butir kelapa,” katanya.

Sama halnya dengan Zikri, pengelola kedai santan Suci. Ia mengaku omzetnya lebih meningkat dari hari biasa bahkan melebihi saat hari pasar.

“Kami bersyukur jika memasuki Lebaran Haji ini, karena omzet kami meningkat drastis dari hari biasa. Bisa menghabiskan 2.000 butir kelapa seharinya,” kata Zikri.

Dari segi harga, baik di hari biasa maupun saat hari raya pedagang santan tetap mematok harga seperti biasa. “Meskipun ramai pembeli kami, tidak menaikkan harga. Harga seperti biasa,” kata mereka.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600