banner pemkab muba
Jawa TimurPendidikan

Inovasi GreenLiv Smart Building: Rancang Bangun Peternakan One Farming System Berbasis IoT dan AI

231
×

Inovasi GreenLiv Smart Building: Rancang Bangun Peternakan One Farming System Berbasis IoT dan AI

Sebarkan artikel ini
Greenliv Smart Building Universitas Brawijaya Malang
GreenLiv Smart Building Universitas Brawijaya Malang. (f/humas)

Mjnews.id – Dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan pangan yang terus berkembang, tim mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berinovasi merancang bangunan yang memiliki konsep green dan smart building.

Konsep bangunan tiga lantai ini dirancang oleh Greenliv Team yang terdiri atas Rayhan Wahyu Taufiqurrahman, Hanif Darmawan, Roro Titah Pinasti, Silva Cahaya Ramadhani, dan Yafrida Fatkhul Jannah dibawah bimbingan Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES.

GreenLiv Smart Building merupakan solusi yang mengintegrasikan berbagai sektor, termasuk pangan, perikanan, pertanian, dan peternakan, dalam satu bangunan.

Pendekatan ini memungkinkan pengolahan produk-produk dari sektor-sektor tersebut secara efisien, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Dengan menggunakan teknologi seperti Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), GreenLiv Smart Building mampu memantau dan mengontrol operasi di dalam bangunan tersebut, termasuk budidaya lele, ayam petelur, dan hidroponik yang terintegrasi di lantai-lantai berbeda.

Hal ini menciptakan pendekatan terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi serta mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Dengan adanya bangunan tersebut, diharapkan bangunan yang dirancang dapat meminimalkan dampak negatif lingkungan bangunan dengan efisiensi dalam penggunaan bahan, energi, dan lahan,” Jelas Rayhan, beberapa waktu lalu.

Rayhan memaparkan, bangunan GreenLiv Smart Building juga mampu meningkatkan produktivitas kerja manusia dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT), sistem Building Automation System (BAS), sistem Engine Management System (EMS). Sehingga, GreenLiv Smart Building memungkinkan pemantauan dan pengontrolan yang lebih efisien dan akurat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi.

“Dengan semua itu, GreenLiv Smart Building akan mampu selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) era society 5.0 yang memiliki target dalam efisiensi dan produktivitas produksi pakan ramah lingkungan dan tidak dipengaruhi perubahan iklim,” ujar Roro.

GreenLiv Smart Building dirancang dengan keselarasan terhadap berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Ini termasuk mendukung SDGs poin 2, yang bertujuan untuk mengatasi kelaparan dengan mempromosikan budidaya ayam dan lele yang berkelanjutan, memberikan dukungan kepada petani skala kecil, dan menciptakan potensi kerja sama internasional dalam peningkatan investasi di sektor ini. Selain itu, GreenLiv juga mendukung pencapaian SDGs poin 6 dengan menyediakan regulasi untuk pengelolaan air limbah yang berkontribusi pada pemulihan sanitasi air.

Program ini juga berkontribusi pada pencapaian SDGs poin 11 dengan membuka potensi investasi yang berkelanjutan, partisipatif, aman, inklusif, dan terjangkau. Selain itu, GreenLiv berkomitmen pada SDGs poin 12 dengan mengusahakan pengolahan bahan kimia limbah yang ramah lingkungan, serta mendukung SDGs poin 13 dengan fokus pada ketahanan dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Terakhir, GreenLiv juga memberikan kontribusi pada pencapaian SDGs poin 17 dengan memastikan akses teknologi yang diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan di sektor pakan dan mempromosikan hasil produksi untuk meningkatkan ekspor dalam sistem perdagangan internasional.

(rmn)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600