Kemensos

Layanan Sosial Kemensos Siap Akselerasi Penanganan Kemiskinan Ekstrem

209
×

Layanan Sosial Kemensos Siap Akselerasi Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Sebarkan artikel ini
Menteri Sosial Ri, Tri Rismaharini Tinjau Layanan Kesejahteraan Sosial Di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini tinjau layanan kesejahteraan sosial di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi. (f/humas)

Mjnews.id – Permasalahan penanganan kemiskinan ekstrem menjadi pokok perhatian pemerintah Indonesia saat ini. Kementerian Sosial terus mendukung percepatan penanganan permasalahan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini bersama Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wiratomo dan Sosiolog Imam Budidarmawan Prasojo meninjau layanan kesejahteraan sosial di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Siang hari ini kami kesini masih terkait dengan upaya pemerintah untuk menghapus angka kemiskinan ekstrem di Indonesia,” kata Wiratomo.

Berdasarkan penjelasannya, angka kemiskinan ekstrem per tahun 2022 sudah menginjak 1,7% yang awalnya sebesar 7% dan turun menjadi 3%. Sekarang ini, Presiden RI Joko Widodo menargetkan bisa mencapai 0% pada masa akhir kepemimpinannya di tahun 2024 nanti.

Permasalahan kemiskinan ekstrem memang begitu kompleks namun pemerintah tetap optimis untuk mencapai target tersebut dari berbagai jenis layanan yang diberikan oleh Kementerian Sosial.

“Hari ini adalah contoh bahwa bukan hanya bansos yang menjadi prograam Kemensos, ada program luar biasa dimana miskin ekstrem pemulung, tuna wisma, lansia yang mungkin kesulitan dari segi ekonomi mendapat tempat tinggal gratis dengan iuran untuk kebersihan, lalu diberikan pembinaan dan pemberdayaan sehingga pendapatannya meningkat,” tambahnya.

“Ini adalah contoh riil bagaimana kita bisa mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Indonesia. Saya dari pemerintah optimis 2024 Indonesia bisa bebas dari kemiskinan ekstrem,” jelasnya.

Risma bersama tim KSP mengunjungi beberapa layanan yang berada di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi mulai dari Rumah Susun bagi PPKS, fasilitas-fasilitas Sentra, Koperasi Rusun, Pelatihan Menjahit, Pengelolaan Sampah, Budidaya Maggot, Budidaya Lele, hingga Sentra Kreasi Atensi.

“Komplek ini dengan segala macam bentuk pelayanan yang kami berikan, kita berharap fakir miskin dan anak terlantar kita bisa layani seluruhnya,” kata Risma.

Kami Hadir di Google News