Kepulauan RiauInternasionalWisata

Gubernur Kepri Ajak Dubes UEA Kunjungi Pulau Penyengat

179
×

Gubernur Kepri Ajak Dubes UEA Kunjungi Pulau Penyengat

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepri Ajak Dubes Uea Kunjungi Penyengat
Duta Besar (Dubes) Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN, Y.M Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri berkunjung ke Pulau Penyengat. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, mengajak Dubes Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN, Y.M Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri, berkunjung ke Pulau Penyengat sebagai bagian dari kunjungannya ke Tanjungpinang, Rabu (02/08/2023).

Kunjungan dimulai dengan mengunjungi kompleks Masjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat. Abdulla Salem tertarik untuk melihat koleksi kitab dan manuskrip kuno di Khutubkhanah (perpustakaan) Marhum Ahmadi. Ia terkesima dengan koleksi bersejarah ini dan menyatakan kesediaan pemerintah UEA untuk mendukung upaya pelestarian kitab-kitab tersebut.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dubes juga meminta daftar kebutuhan untuk menjaga kualitas koleksi Khutubkhanah Marhum Ahmadi.

Setelah dari Rumah Sotoh, Abdulla Salem dan Gubernur Ansar melakukan ibadah sholat di Masjid Raya Sultan Riau dan kemudian membaca doa bersama yang dipimpin oleh Dato’ Raja Alhafiz.

Dalam kesempatan ini, Abdulla Salem menyatakan bahwa ini adalah kunjungan pertamanya ke Pulau Penyengat, namun ia berjanji untuk kembali berkunjung lagi di masa depan.

Gubernur Ansar mengungkapkan bahwa kunjungan ini adalah hasil dari inisiasi dari Laksamana TNI (Purn) Marsetio yang memiliki hubungan baik dengan Abdulla Salem.

Tujuan kunjungan ke Pulau Penyengat adalah untuk memperlihatkan kekayaan pariwisata berbalut religi dan budaya Melayu yang ada di pulau tersebut.

Dubes Abdulla Salem juga menerima pujian karena inisiatif kerja sama yang baik antara UEA dan Indonesia, yang telah menghasilkan proyek infrastruktur seperti Jalan Layang Tol MBZ di Cikampek dan Jalan Raya Joko Widodo di Abu Dhabi.

Setelah dari Pulau Penyengat, Abdulla Salem melanjutkan kunjungannya ke Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) untuk memberikan kuliah umum tentang pengembangan sumber daya manusia dan kesehatan publik dalam lingkup kerja sama internasional.

(jlu/isb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT