Politik

Gus Hilman Bertekad Jadi Anggota DPR RI Termuda

542
×

Gus Hilman Bertekad Jadi Anggota DPR RI Termuda

Sebarkan artikel ini
Muhammad Hilman Mufidi Atau Yang Akrab Disapa Gus Hilman, Putra Dari Wakil Ketua Mpr Ri Sekaligus Wakil Ketua Umum Dpp Pkb Jazilul Fawaid (Gus Jazil).
Muhammad Hilman Mufidi atau yang akrab disapa Gus Hilman, putra dari Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid (Gus Jazil). (f/ist)

Mjnews.id – Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024 tinggal sekitar 9 bulan lagi. Seluruh partai politik (parpol) telah mendaftarkan nama-nama bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mengusung 580 daftar nama bacaleg DPR RI ke KPU pada Sabtu (13/5/2023).

Dari 580 nama bacaleg PKB tersebut, ada satu sosok muda yang menarik perhatian. Dialah Muhammad Hilman Mufidi atau yang akrab disapa Gus Hilman, putra dari Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid (Gus Jazil).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Gus Hilman merupakan caleg muda potensial yang bakal bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur II (Kota/Kabupaten Pasuruan dan Kota/Kabupaten Probolinggo).

Sosok Gus Hilman ini cukup menarik. Di usianya yang masih cukup muda, yakni 22 tahun, pemuda kelahiran Gresik, 24 Juli 2000 ini memiliki nyali untuk terjun di dunia politik dengan maju sebagai caleg DPR RI. Menurutnya, pada Pemilu 2024 nanti, mayoritas pemilih adalah usia muda.

KPU bahkan memperkirakan jumlah pemilih muda mencapai 60%. Tidak hanya jumlahnya yang besar, generasi milenial dan Gen Z juga dianggap sangat penting bagi hasil Pemilu karena mereka dikenal aktif di media sosial dan memiliki kepekaan terhadap isu-isu sosial dan politik.

”Kaum muda harus melek dan mau terjun ke politik. Sebab, mayoritas pemilih di Pemilu 2024 nanti adalah anak muda sehingga yang harus mewakili mereka adalah anak muda pula. Anak mudalah yang mengerti apa yang dibutuhkan oleh anak muda. Kata Bung Karno kan beri saya sepuluh pemuda maka akan saya guncang dunia,” kata putra pertama dari empat Gus Hilman, Selasa (16/5/2023).

Dikatakan Gus Hilman, saat ini banyak anak muda yang masih cenderung antipolitik. Padahal seharusnya justru anak muda ikut berpolitik sebab urusan bangsa ke depan menjadi tanggungjawab generasi muda hari ini. Bahkan, Gus Hilman terang-terangan mengaku terinspirasi dari sosok ketua umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) yang juga berkiprah di panggung politik sejak usia muda.

”Gus Imin pada usia 32 tahun sudah menjadi Wakil Ketua DPR RI. Kalau kita lihat sejarah, Bung Karno dan tokoh-tokoh bangsa lainnya, mereka sejak muda sudah masuk di jalur pergerakan untuk ikut memikirkan bangsa ini. Jadi, jangan kita menunggu tua baru mau masuk politik sebab politik bukan hanya urusan orangtua, tapi politik adalah masa depan kita kaum muda karena yang tua akan berganti generasi,” ungkapnya.

Hal lain yang juga cukup menarik dari sosok Gus Hilman adalah latarbelakang pendidikan dan keahliannya yang tergolong langka yakni sebagai pilot. Mungkin, dia adalah satu-satunya pilot muda di Indonesia yang saat ini maju sebagai caleg DPR RI. Lisensi pilot dia dapatkan dari Global Aviation Flying School, Curug, Tangerang pada 2022 lalu. ”Alhamdulillah, saya sudah punya lisensi pilot komersial untuk penerbangan 250 jam. Jadi, saya sudah bisa menjadi pilot komersial, tinggal apply saja,” katanya.

Hal yang menarik, sekolah penerbangan itu dia ambil bersamaan dengan proses pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Jurusan Ekonomi Syariah di Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta. ”Jadi, pas pandemi Covid-19 lalu, kan perkuliahan banyak dilakukan secara daring. Waktu yang ada saya manfaatkan untuk belajar menjadi pilot. Jadi, saya kuliah tiga bidang sekaligus, di UI, PTIQ dan sekolah pilot di Curug,” kata pemuda yang punya hobi membaca dan bermusik ini.

Dari Keluarga Politisi

Gus Hilman Dan Keluarga Foto Bersama Cak Imin.
Gus Hilman (Kanan) Dan Keluarga Foto Bersama Cak Imin (Kedua Dari Kanan). (F/Ist)

Meski tergolong baru terjun di dunia politik praktis, namun sebenarnya dunia politik bukan benar-benar baru baginya. Dia sudah lama memiliki ketertarikan di bidang politik. Ada satu sosok penting yang menjadi role model dan membuatnya tertarik di jalur politik. Adalah Jazilul Fawaid, sang ayah yang tak lain adalah Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum DPP PKB.

”Jadi saya memang berasal dari keluarga politisi. Saya belajar politik langsung dari ayah saya. Jadi meskipun secara resmi baru sekarang masuk politik, tapi sebenarnya sejak kecil dalam diri saya sudah mengalir darah politik. Saya menyaksikan apa yang dikerjakan ayah dan berguru langsung kepada ayah. Saya dapat ilmu dan doktrin politik langsung dari beliau sejak saya masih kecil, termasuk kenapa berpolitik itu penting,” kata putra pertama dari empat bersaudara dari pasangan Jazilul Fawaid dan Chalimatus Sa’diyah ini.

Biodata:
Nama : Muhammad Hilman Mufidi
Tempat/tanggal Lahir : Gresik, 24 Juli 2000 (22 tahun)

Orangtua:
Ayah : Dr. KH. Jazilul Fawaid SQ., MA.
Ibu : Chalimatus Sa’diyah SQ., MA.
Saudara:
Ganis Samahah
Kemal Amjad Mahdavi
Hilma Aqila

Pendidikan :

  • Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta (2012)
  • SMP Al Azhar Assyarif Depok (2015)
  • SMA Karisma Bangsa Tangerang Selatan (2018)
  • Jurusan Hukum Universitas Indonesia
  • Jurusan Ilmu Ekonomi Syariah Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta
  • Jurusan Penerbangan (Pilot) Global Aviation Flying School, Curug, Tangerang (2022)

Hobi:

  • Membaca
  • Olahraga
  • Bermusik

Pengalaman Hidup dan Organisasi:

  • PC PMII UI
  • OSIS MTs Al Azhar Asyarif/SMA Kharisma Bangsa
  • Aktif Kegiatan Nusantara Mengaji
  • Pengamal Tarekat Sadziliyah, menerima ijazah langsung dari Syech Idris Al Fasi, Fez, Maroko
  • Pengurus Pondok Pesantren Modern Sunanul Muhtadin
  • Anggota Aktif Nadlatul Ulama
  • Staf/Asisten Fraksi PKB MPR RI
  • Asisten Dosen IIQ Jakarta
  • Telah mengunjungi 11 negara

(eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT