Kota SawahluntoReligiSumatera Barat

Di Momen Idul Adha, Keluarga Besar Muhammadiyah Silungkang Pererat Silaturahmi

172
×

Di Momen Idul Adha, Keluarga Besar Muhammadiyah Silungkang Pererat Silaturahmi

Sebarkan artikel ini
Img 20230701 231548 Resize 63

MJNews.id – Silaturahmi bersama segenap pengurus dan anggota Muhammadiyah Silungkang, dimanfaatkan pada momen Idul Adha 1444 Hijriah, yang dihadiri langsung Wakil Walikota yang juga sebagai Penasehat Muhammadiyah Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuti.

Momen silaturahmi ini berlangsung di SMP Muhammadiyah Silungkang, Sabtu 1 Juli 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam sambutannya, Zohirin Sayuti mengungkapkan apresiasi dan terimakasih kepada segenap pengurus serta anggota Muhammadiyah Silungkang, yang telah melaksanakan berbagai kegiatan sejalan dengan program-program pemerintah daerah kota Sawahlunto.

“Terimakasih atas terselenggaranya berbagai kegiatan seperti yang telah disampaikankan oleh ketua Muhammadiyah Silungkang dimana hal tersebut sangat membantu masyarakat baik di dunia pendidikan maupun sosial kemasyarakatan lainnya serta sejalan dengan program-program yang telah kami gulirkan bersama Wali Kota Sawahlunto,” kata Wawako Zohirin.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota juga menjelaskan sejarah sinhkat Muhammadiyah, dimana Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi besar di Indonesia, berdiri berkat perjuangan yang dipelopori oleh Kyai H. M. Dahlan yang berkorban dengan segenap daya upaya serta mengikhlaskan harta bendanya demi menghidupkan Muhammadiyah untuk kepentingan dan kebesaran Islam yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Mari bersama meneruskan perjuangan beliau dengan melakukan berbagai program untuk kemaslahatan masyarakat khususnya di Kecamatan Silungkang,” ujarnya.

Lebih jauh Zohirin memaparkan bahwa selama memimpin kota ini bersama Walikota Sawahlunto, banyak program yang digulirkan sejalan dengan apa yang dicita-citakan oleh pendiri Muhammadiyah tersebut, tidak hanya pembangunan dalam segi fisik tapi juga dalam hal kerohanian seperti mendirikan rumah-rumah tahfiz yang mencetak generasi penerus penghafal kitab suci Alquran.

“Demikian juga dalam bidang pendidikan formal yaitu dengan mendirikan fasilitas Gedung untuk pelaksanaan Program Studi Diluar Kampus bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang, dengan harapan kedepannya Sawahlunto dapat melahirkan satu Hafiz dan satu sarjana dalam tiap-tiap keluarga masyarakat kota Sawahlunto serta berbagai program strategis lainnya,” sebut Wakil Walikota di akhir sambutannya.

Sementara Ketua DPC Muhammadiyah Silungkang, Yulson dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan yang diselenggarakan saat Umat Islam tengah merayakan Hari Raya Idul Adha tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar segenap pengurus dan anggota organisasi sekaligus mensosialisasikan berbagai program dan kegiatan yang sedang berlangsung.

“Dua hari yang lalu, sudah terbentuk dua kepengurusan tingkat ranting yaitu ranting Silungkang Duo dan Silungkang Tigo. Insya Allah segera menyusul kepengurusan ranting Desa Muaro Kalaban,” kata Yulson pada acara yang diawali dengan pelaksanaan pemotongan 7 (tujuh) ekor sapi kurban di lokasi tersebut.

“Untuk kegiatan sosial kemasyarakatan, DPC Muhammadiyah Silungkang juga telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi di samping program dalam dunia pendidikan, seperti program mampaduoan (memperduakan) Sapi yang dilakukan bersama warga di Desa Taratak Bancah,” ungkap Yulson.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT