Nasional

Mediasi Lurah dan Camat Kalideres soal Perumahan Taman Kencana Tegal Alur Masih Buntu, Kenapa?

271
×

Mediasi Lurah dan Camat Kalideres soal Perumahan Taman Kencana Tegal Alur Masih Buntu, Kenapa?

Sebarkan artikel ini
Mediasi Lurah Dan Camat Kalideres Soal Perumahan Taman Kencana Tegal Alur
Mediasi Lurah dan Camat Kalideres soal Perumahan Taman Kencana Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Daerah Khusus Jakarta. (f/ist)

Mjnews.id – Langkah pihak Lurah dan Camat memediasi soal penutupan jalan umum hingga upaya keamanan di Perumahan Taman Kencana masih tak berujung.

Pasalnya warga Taman Kencana RT 001 RW 014 Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat menyampaikan aspirasi kembali menyurati Pengembang, lurah, camat hingga ke Walikota Jakarta Barat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kelurahan Suratnan Ariflanto dalam catatan undangan yang ditandatanganinya dengan acara Klarifikasi aduan dan penyelesaian secara musyawarah, untuk mufakat.

Acara ini menanggapi adanya aduan langsung dari salah satu warga RW O14 ke Pendopo Gubernur Provinsi DKI Jakarta, 14 April 2023.

“Terkait penutupan akses jalan umum di JI. Verbenia II Blok D RT 001 RW 014 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, maka dengan ini mengharap kehadiran Bpk/Ibu/Sdri,” kata Suratnan dikutip dari surat Kelurahan, Minggu (1/10/2023).

Sementara pihak Kecamatan melalui Kasi Pemerintahan Endang Prihatin Handayani dalam catatan kesepakatan hasil rapat menyampaikan arahan dari Camat Kalideres mencakup beberapa poin penting:

  1. Penyelesaian Musyawarah: Kecamatan menyarankan agar penyelesaian masalah ini dilakukan melalui musyawarah antara Pihak PT. Prima Kencana, selaku pengembang, dengan Ketua RW 014 Tegal Alur dan RT 012 Kelurahan Cengkareng Timur, serta melibatkan RT, LMK, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama setempat.
  2. Kartu Elektronik untuk Keamanan: Untuk menjaga keamanan di Kawasan Perumahan Taman Kencana, diusulkan pembuatan kartu elektronik bagi warga yang tinggal di perumahan tersebut, sehingga akses keluar masuk dapat dikendalikan lebih baik.
  3. Kewenangan Penuh bagi Pengembang: Semua kebijakan dan keputusan di Perumahan Taman Kencana akan sepenuhnya diserahkan kepada PT. Prima Kencana, Ketua RW 014 Tegal Alur, dan RT 012 Kelurahan Cengkareng Timur, dengan melibatkan RT, LMK, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama setempat.
  4. Pembuatan Sarana Fisik Kartu Elektronik: Pengembang akan bertanggung jawab untuk membuat sarana fisik dan sistem tempel kartu elektronik di pos depan. Walaupun prosesnya memerlukan waktu, diharapkan warga bisa bersabar menunggu sampai sarana fisik dan sistem selesai dibuat.
  5. Dukungan Dari RW Setempat: Kedua RW setempat memberikan dukungan penuh kepada pengembang untuk pembuatan sarana fisik dan sistem tempel kartu elektronik di pos depan.

“Dengan langkah-langkah ini, diharapkan permasalahan warga Perumahan Taman Kencana Kencana Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, seharusnya dapat diselesaikan dengan baik,” tulis tanda tangan Endang.

Sebelumnya beberapa warga Perumahan Taman Kencana RT 01 RW 014, memprotes agar pintu pagar besi yang menutupi akses jalan umum di Jalan Verbenia II Blok D RT 001 RW 014 segera dibuka untuk kepentingan masyarakat.

“Warga beralasan bahwa harapan untuk dibuka pintu tersebut untuk mempermudah akses keluar-masuk pengguna jalan baik kendaraan motor dan mobil hingga pejalan kaki,” kata intinya Suhari.

Ketua Rukun Warga (RW) 014 Iwan Pratama Susanto di Perumahan Taman Kencana Tegal Alur masih besar kepala dengan mempertahankan bahwa keamanan warganya tidak akan terjamin.

“RW0 14 Iwan beralasan bahwa jalan umum ditutup pagar besi dan tidak bisa digunakan, dengan alasan dikarenakan ada tindakan perampasan (maling ), hingga masuknya warga lain yang bisa mengganggu ketertiban,” ucap rekaman singkat Iwan.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT