Parlemen

Dampingi Menteri ATR/BPN, Guspardi Gaus: Pembangunan Jalan Tol Sumbar Paling Mangkrak

227
×

Dampingi Menteri ATR/BPN, Guspardi Gaus: Pembangunan Jalan Tol Sumbar Paling Mangkrak

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus. (f/ist)

Mjnews.id – Legislator Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus menyebut bahwa pembangunan jalan tol di Sumatera Barat (Sumbar) adalah pembangunan yang paling mangkrak dibanding Provinsi Riau, Lampung dan provinsi tetangga lainnya.

Hal itu diungkapkannya setelah meninjau secara langsung ke lokasi jalan tol pada hari Selasa, 20 Juni 2023 bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Marsekal TNI (purn) Hadi Tjahjanto dan didampingi Gubernur, Kapolda dan sejumlah pejabat lainnya.

Anggota Komisi II DPR RI itu menyampaikan, setelah melihat secara langsung bersama Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto di lokasi jalan tol tersebut dimana progres pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh perusahaan plat merah itu, ruas jalan tol By Pass – Sicincin sepanjang 36,6 km masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

“Untuk itu saya berharap adanya percepatan pembangunan jalan tol ini dan harus segera dituntaskan. Termasuk masalah pembebasan lahan tanah milik masyarakat juga, harus clear dan clean dulu. Tidak hanya sampai di Sicincin tetapi sesuai perencanaan bahwa jalan tol ini harus tuntas sampai ke Pangkalan dan perbatasan Kabupaten Bangkinang. Sehingga jalan tol Padang – Pekan Baru betul-betul bisa dinikmati oleh masyarakat,” ujar Guspardi Gaus, Rabu (21/6/2023).

Selanjutnya, Guspardi Gaus minta kepada Menteri ATR/BPN beserta seluruh jajarannya yang ada di Kanwil dan Kepala Kantor Kabupaten/Kota untuk pro aktif dan melakukan koordinasi, singkronisasi dan sinergitas dengan Pemda Propinsi Kabupaten/Kota dan stalke holder lainnya agar permasalahan tanah yang akan dilalui jalan tol tersebut segera dilakukan pembebasan.

“Jangan sampai terjadi kendala akibat permasalahan tanah yang belum selesai,” ulas Pak Gaus ini.

Lebih lanjut Politisi PAN dapil Sumatera Barat 2 itu mengatakan risau dan gundah sekaligus malu sebagai putra daerah kenapa jalan tol Padang-Sicincin yang hanya berjarak sekitar 36,6 KM belum kunjung selesai.

“Dengan kehadiran Pak Menteri ATR/BPN ke Sumbar dan langsung menunjau proyek jalan tol ruas By Pass – Sicincin, mudah mudahan menjadi sinyal positif bahwa Pemerintah Pusat punya perhatian serius terhadap permasalahan dan pembebasan tanah yang akan dilalui dalam pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru ini bisa dilakukan percepatan sehingga tuntas pengerjaannya,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600