banner pemkab muba
Politik

FKM PPP Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Capres, Golkar: KIB Tetap Solid!

158
×

FKM PPP Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Capres, Golkar: KIB Tetap Solid!

Sebarkan artikel ini
Anies Baswedan Dideklarasikan Fkm Ppp Jadi Capres
Anies Dideklarasikan FKM PPP Jadi Capres. (f/ist)

JAKARTA, Mjnews.id – Forum Kakbah Membangun (FKM) PPP direncanakan akan mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024. 

PPP masih berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN diketahui belum mendeklarasikan siapapun capres dan cawapresnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Firman Soebagyo menilai, itu sesustu yg biasa terjadi faksi2 krn berbeda kepentingan.Tetapi, jika PPP melalui FKM didaerah akan mendeklarasikan siapapun dicalonkan hal itu sah-sah saja.dan posisi FKM kedudukanya dlm struktur partai kab juga harus jelas punya kewenangan ngga?

“Dalam proses politik pilpres itu selalu dan sangat dinamis oleh karena itu partai ditingkat daerah sah-sah saja sebagai bentuk proses yang demokratis mendeklarasikan calon-calon tertentu sebagai bentuk aspirasi kepada pimpinan pusat, tetapi keputusan kan tetap ditingkat tertinggi pengambil keputusan Partai, tidak asal usulan dengan mempertimbangkan berbagai pertimbangan-pertimbangan politik dan lain-lainnya,” kata Firman di kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

“Tetapi dalam proses politik masing masing Partai mempunyai dan perpedoman pada AD/ART dan aturan organisasi yg harus dipatuhi oleh semua elemen dan jajaran anggota dan pengurus partai di semua tingkatan,” sambung Firman.

Firman yang juga Anggota Baleg DPR menjelaskan, kenapa KIB belum menentukan calon karena harus matang dalam menetukan sikap karena alih kepemimpinan kedepan di tahun 2024 capres tidak didasari politik ‘identitas’ dan popularitas saja karena tantangan ekonomi global semakin berat maka selalu dipesankan Presiden Jokowi adalah calon pemimpin ke depan adalah menguasai ekonomi makro dan mikro dan berpengalaman.

“Sedangkan pemilu presiden juga masing-masing partai pengusul/ pengusung akan mengusulkan satu pasangan capres cawapres oleh karena itu KIB harus hati-hati untuk menetapkan capres dan cawapresnya harus bisa kerja sama untuk memenuhi kriteria tersebut diatas,” ujar Legislator dari Dapil Jateng III meliputi, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Pati.

Namun demikian, Firman kembali menegaskan jika koalisi di KIB tetap solid sampai dengan pilpres untuk menuju kemenangan KIB di 024.

Sebelumnya, Politikus senior PPP Habil Marati mengklaim deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan yang digelar Forum Kakbah Membangun (FKM) akan dihadiri sedikitnya lima ribu orang yang terdiri dara kader PPP, simpatisan, dan masyarakat umum.

(*/eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600