Kota SawahluntoSumatera BaratWisata

Sekretariat DPRD Kota Sawahlunto jadi Terbaik I SISSCa 2023

348
×

Sekretariat DPRD Kota Sawahlunto jadi Terbaik I SISSCa 2023

Sebarkan artikel ini
Sekretariat DPRD Sawahlunto jadi Terbaik I SISSCa 2023
Sekretariat DPRD Kota Sawahlunto jadi Terbaik I SISSCa 2023. (f/uni)

MJNews.id – Penampilan Good Talent Indonesia asal Pariaman, Darak Badarak yang berkolaborasi dengan Ajo Buset, menjadi pembuka acara penutupan Sissca Night yang dilaksanakan Minggu 10 September 2023 malam di Kawasan Lapangan Segitga Kota Sawahlunto.

Darak Badarak menampilkan beberapa lagu yang membawa grup Darak Badarak yang digawangi Ribut dan Jefri Fernando tersebut viral dan tampil di beberapa daerah di Indonesia.

Selain penampilan Grup Darak Badarak, dalam kesempatan tersebut juga diumumkan pemenang Carnaval Sissca tahun 2023.

Adapun pemenang yang berhasil meraih juara di Carnaval Sissca tersebut adalah Sekretariat DPRD Kota Sawahlunto yang berhasil menjadi terbaik I untuk Kategori dalam Kota Sawahlunto, sementara juara II diraih oleh Dinkesdalduk KB dan juara ke tiga diraih oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto. Untuk Kategori favorit, favorit I diraih olah Bank Nagari, Favorit II Kecamatan Lembah Segar dan Favorit III diraih Bhayangkari.

Sementara di Harapan I diraih Kecamatan Silungkang, harapan II diraih Dinas Kominfo Sawahlunto dan Harapan III diraih PTBA.

Selanjutnya untuk kategori luar daerah Kota Sawahlunto diraih oleh Lot 49, juara II diraih lot 50 dan juara III diraih lot nomor 28.

Walikota Deri Asta yang menutup rangkaian Kegiatan Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival tersebut menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut tersebut adalah komitmen Pemerintah Kota Sawahlunto, dalam upaya melestarikan Kebudayaan khususnya Songket Silungkang, yang sudah dipatenkan dan sudah disepakati bersama.

“Sebagai salah satu cara kita untuk meningkatkan ekonomi UMKM, dengan songket silungkang UMKM Sawahlunto bergerak dan bertahan walaupun adanya pandemi Covid-19, ini menjadi pelajaran berharga, dimana UMKM menjadi Salah satu sektor penggerak ekonomi yang bisa menghidupkan ekonomi apalagi kita sudah sepakat. Kalau kota Sawahlunto ini dijadikan kota Pariwisata, tentunya kalau kita ingin maju dan berkembang, harus banyak inovasi yang harus dilakukan avar banyak masyarakat yang berkunjung ke Sawahlunto,” kata Walikota.

Oleh sebab itu, tugas bersama mempersiapkan UMKM, dengan produk produk kerajinannya sehingga orang yang datang bisa berbelanja di Sawahlunto dan terjadi transfer uang yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Deri Asta menilai, dan setelah dilakukan berbagai evaluasi pelaksanan SISSCa yang dilaksanakan tahun ini merupakan SISSCa yang sukses dilaksanakan, untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak dan ini ditunjukkan dengan animo masyakrat yang antusias untuk menyaksikan kegiatan ini.

Walikota juga menyebutkan, Pemerintah tetap serius dan konsisten bagaimana songket silungkang ini bisa berkembang dan songket Silungkang telah menjadi catatan di tingkat Nasional, ini ditunjukkan dengan SISSCA menjadi satu bagian dari 110 Karisma Event di Kemen Par Ekraf Republik Indonesia.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600