Kota SawahluntoSumatera BaratWisata

SISSCa 2023 Masuk dalam 110 Karisma Event Nusantara 2023

370
×

SISSCa 2023 Masuk dalam 110 Karisma Event Nusantara 2023

Sebarkan artikel ini
Sissca 2023

MJNews.id – Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival untuk yang ke 9 Kalinya dilaksanakan di Kota Sawahlunto, dan di tahun 2023 ini SISSCa yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2023 tersebut mengusung tema UnForgettable Sawahlunto. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto, Adriyusman.

Kepada Media pada Sabtu 12 Agustus 2023, Adriyusman menyebutkan, Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCa tahun 2023 yang diselenggarakan ini termasuk ke dalam rangkaian unggulan 110 KARISMA Event Nusantara 2023 yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Untuk Sumatra Barat, itu ada empat iven yang masuk ke dalam 110 KARISMA Event Nusantara 2023 tersebut, termasuk di Sawahlunto yaitu Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival yang akan kita laksanakan pada 9 September 2023 mendatang,” tutur Adriyusman.

Dijelaskan lebih lanjut, pelaksanaan SISSCa yang biasanya dilaksanakan di siang hari, untuk tahun ini akan dilaksanakan pada malam hari dengan rute start di terminal Sawahlunto dan berakhir finish di Lapangan segitiga Kota Sawahlunto. Di mana dalam Karnaval ini dibagi ke dalam dua Kategori yaitu peserta yang berasal dari Kota Sawahlunto dan peserta yang berasal dari luar kota Sawahlunto.

“Nantinya masing-masing peserta akan menampilkan karyanya sesuai dengan tema yang diusung. Terkait untuk pendaftaran, sudah dibuka mulai dari tanggal 25 juli hingga 31 agusutus 2023 yang akan datang,“ imbuhnya lagi.

Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival semula dilaksanakan pada tahun 2015 lalu, dan berlanjut hingga ke tahun 2023 ini. Dalam Carnaval yang digelar ini menampilkan karya karya berupa pakaian berbahan songket silungkang sekaligus memperkenalkan kepada khalayak ramai sebagai songket tertua di Indonesia, dan direncanakan, kegiatan SISSCa tahun ini akan dihadiri langsung Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

“Untuk itu diimbau kepada Masyarakat kota Sawahlunto agar sama-sam berpartisipasi dalam mensukseskan ajang tahunan yang dilaskanakan di Kota Sawahlunto, karena melalui iven ini dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pergerakan roda perekonomian masyarakat Sawahlunto,” pinta Adriyusman.

(Uni)

Kami Hadir di Google News