ADVERTISEMENT
Tekno

Kejayaan Apple Runtuh di 2024?

70
×

Kejayaan Apple Runtuh di 2024?

Sebarkan artikel ini
Apple
Apple.

Mjnews.id – Menurut laporan IDC, Apple telah meraih posisi teratas di pasar ponsel dunia sepanjang tahun 2023, menggeser posisi Samsung yang sebelumnya bertahan selama satu dekade. Prestasi ini menandai dominasi Apple di industri ponsel, dengan pertumbuhan global sebesar 3,7 persen sepanjang tahun tersebut.

Meskipun Apple meraih sukses di pasar ponsel, perusahaan ini kehilangan gelar sebagai perusahaan paling bernilai di dunia. Posisi itu kini dipegang oleh Microsoft, yang mengalami lonjakan pasar yang signifikan. Microsoft, bersama dengan Nvidia dan Amazon, menempatkan fokus pada pengembangan kecerdasan buatan (AI) generatif, memperoleh dukungan investor yang kuat.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Perusahaan teknologi besar, termasuk Microsoft, telah menjadikan AI sebagai fokus utama, menggantikan perusahaan konsumen dan keuangan dalam pertumbuhan pasar. Microsoft mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$2,887 triliun, sementara Apple mencapai US$2,875 triliun pada penutupan hari Jumat (12/1).

Baca Juga  Ini Harga Terbaru Oppo Reno8 T 5G, Hanya 4 Jutaan

Lonjakan nilai pasar Microsoft, terutama setelah memasukkan teknologi OpenAI ke dalam perangkat lunaknya, menandakan kesuksesan strategi perusahaan dalam menggabungkan AI untuk memperkuat bisnis cloud. Keunggulan Microsoft di bidang AI juga membuka peluang untuk menantang dominasi Google dalam penelusuran web.

Baca Juga  Youtuber Jangan Permainkan Agama demi Nambah Follower

Sementara itu, Apple menghadapi tantangan di China dengan penjualan iPhone yang menurun 30% di awal tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meskipun bisnis iPhone tumbuh secara global, tekanan di pasar China menjadi perhatian, dengan berbagai faktor termasuk isu-isu politik dan kebangkitan Huawei.

Kami Hadir di Google News