Jawa TimurPolitik

Serap Aspirasi, Caleg PKB DPR RI Ini Getol Blusukan hingga Menginap di Rumah Warga

188
×

Serap Aspirasi, Caleg PKB DPR RI Ini Getol Blusukan hingga Menginap di Rumah Warga

Sebarkan artikel ini
Caleg Pkb Dpr Ri, Abdul Rochim Getol Blusukan Hingga Menginap Di Rumah Warga
Caleg PKB DPR RI, Abdul Rochim Getol Blusukan hingga Menginap di Rumah Warga. (f/pkb)

Mjnews.id – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih sekitar enam bulan lagi. Namun saat ini, para calon anggota legislatif (caleg) sudah mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat. Seperti yang dilakukan Abdul Rochim, caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur I, meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. 

Dalam beberapa bulan terakhir sejak namanya resmi didaftarkan sebagai caleg DPR RI PKB nomor urut 4, pria yang akrab disapa Cak Rochim ini getol melakukan sosialisasi ke simpul-simpul masyarakat di Dapil Jatim 1.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

”Tahapan saat ini adalah bagaimana kita mengenalkan diri ke masyarakat dan menyusun tim pemenangan. Pesan dari Gus Muhaimin, ketum PKB, tidak ada cara lain selain kita wajib turun ke masyarakat, mendekati dan menyelami, serta membantu sebisa mungkin apa yang dibutuhkan masyarakat. Caleg PKB harus dekat dengan masyarakat,” ujar Cak Rochim di sela kunjungan ke wilayah Sedati, Sidoarjo, Rabu (16/8/2023).

Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid ini mengatakan, waktu enam bulan ke depan hingga waktu pencoblosan, 14 Februari 2024, menjadi momentum penting bagi para caleg untuk mengenalkan diri sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. Sehingga, jika nantinya diberikan kepercayaan masyarakat sebagai anggota DPR RI, program-program yang harus diperjuangkan di Parlemen sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat. 

”Dengan kita menyerap aspirasi langsung, kita tahu apa program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Misalnya yang dibutuhkan masyarakat itu peningkatan ekonomi, akses pendidikan, bukan IKN atau omnibuslaw yang justru kini banyak dikeluhkan para buruh di bawah,” tuturnya.   

Untuk bisa menyelami lebih dalam kehidupan masyarakat di bawah, kader muda Nahdlatul Ulama (NU) ini bahkan sampai menginap di rumah-rumah warga secara bergiliran. Dengan begitu, dirinya bisa merasakan secara langsung denyut nadi kehidupan masyarakat yang akan diwakilinya. ”Saya tidur di rumah-rumah warga, sarapan bersama, tahu persis bagaimana kondisi masyarakat di bawah. Cangkrukan dari warung kopi ke warung kopi lainnya. Kita menjadi tahu benar apa keluhan-keluhan masyarakat,” urainya. 

Dari beberapa bulan turun ke dapil, Cak Rochim mendapatkan sangat banyak masukan dari warga di dapilnya, Surabaya dan Sidoarjo. Antara lain, akses pendidikan sekolah negeri yang perlu untuk ditambah. Sebab, dari tahun ke tahun setiap penerimaan siswa baru, warga berebut untuk bisa masuk ke sekolah negeri. Hal ini karena warga berharapkan mendapatkan akses pendidikan berkualitas dengan biaya yang terjangkau.

”Setiap penerimaan siswa baru, warga dihadapkan pada persoalan yang sama yakni carut marut PPDB. Warga ingin bisa menyekolahkan anaknya di sekolah negeri tapi daya tapung jauh dari kebutuhan. Akibatnya, tidak sedikit dugaan praktik penyimpangan saat PPDB akibat tingginya permintaan tapi kuota terbatas,” urainya. 

Selain persoalan akses pendidikan, hal lain yang dikeluhkan masyarakat di wilayah Surabaya dan Sidoarjo adalah soal menurunnya daya beli masyarakat dan juga akses terhadap peluang kerja. Pandemi Covid-19 selama 2,5 tahun memberikan dampak yang cukup serius terhadap kondisi perekonomian warga. 

Edi Santoso, warga Sedati, Sidoarjo mengaku sangat senang ada caleg DPR RI yang mau turun langsung ke tengah-tengah warga untuk mendengarkan aspirasi secara langsung. ”Kalau calegnya mau turun langsung, masyarakat kan bisa menyampaikan apa saja kebutuhan atau kesulitan-kesulitan yang harus diperjuangkan di Pusat. Nah, apa yang dilakukan Cak Rochim ini sampai mau menginap diu rumah warga, patut dicontoh caleg-caleg lainnya,” katanya.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai teknisi AC ini berharap kelak Cak Rochim bisa terpilih sebagai anggota DPR RI dan bisa memperjuangkan aspirasi warga Surabaya dan Sidoarjo. ”Semoga Cak Rochim terpilih dan bisa amanah memperjuangkan kepentingan masyarakat,” harapnya.

(***)

Kami Hadir di Google News