banner pemkab muba
Limapuluh KotaParlemenSumatera Barat

Resmikan P3TGAI di Sialang Kapur IX, Rezka Oktoberia Tuai Pujian

228
×

Resmikan P3TGAI di Sialang Kapur IX, Rezka Oktoberia Tuai Pujian

Sebarkan artikel ini
Rezka Oktoberia Resmikan P3Tgai Di Sialang Kapur Ix
Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Rezka Oktoberia Resmikan P3TGAI di Pantai Lubna, Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar. (f/ist)

Mjnews.id – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Rezka Oktoberia resmikan pembangunan irigasi P3TGAI sepanjang 506 meter, bertempat di Pantai Lubna, Kenagarian Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (28/10/2023).

P3TGAI adalah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi, yang menyangkut perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

Legislator DPR RI itu mengatakan, melalui program P3TGAI ini diharapkan menjadi program yang mampu menarik kebersamaan petani dalam memanfaatkan air untuk irigasi. Saluran yang telah dibangun ini sedapatnya bisa menumbuhkan rasa saling memiliki bagi para petani termasuk memiliki tanggung jawab untuk memeliharanya. Program P3TGAI ini adalah merupakan pekerjaan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan oleh masyarakat setempat dengan diberikan upah sehingga menambah penghasilan petani dan penduduk setempat.

“P3TGAI ini adalah merupakan salah satu program dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA). Dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat tempatan, acara P3A ini merupakan kegiatan reses DPR RI dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat,” kata Rezka Oktoberia kepada wartawan, Minggu (29/10/2023) pagi.

Sementara itu, Wali Nagari Sialang Ns. Rais mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kepedulian ibu Rezka Oktoberia kepada masyarakat Sialang khususnya dan Luak 50 pada umumnya. Telah banyak program yang dibawa ibu Rezka kepada masyarakat Luak 50 untuk kesejahteraan selain program P3TGAI ada juga Beasiswa PIP, batuan stimulan, Beasiswa PIP, pembagian sertifikat PTSL, batuan stimulan, biskuit untuk ibu hamil dan balita supaya sehat dan supaya tidak ada kasus stunting.

“Kegiatan P3-TGAI Irigasi ini sangat berguna bagi pengairan sawah masyarakat Nagari Sialang untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, semakin baik hasil pertanian akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewakili masyarakat Nagari Sialang saya mengucapkan terimakasih atas kepedulian ibu Rezka, kami doakan ibu Rezka sukses dalam menjalankan tugas, dan dapat duduk kembali,” pungkasnya

Selain meresmikan PT3AI, Rezka Oktoberia juga menghadiri kegiatan perlombaan Dasa Wisma, terkait penilaian dalam perlombaan Dasawisma Nagari Sialang dengan sasaran penilaian tanaman dan tata boga masing-masing Jorong se Kenagarian Sialang. Termasuk pembagian makanan tambahan bagi ibu hamil untuk mengurangi kasus stunting serta makanan tambahan untuk Balita. termasuk pemberian santunan kepada pedagang yang sedang berjualan di pinggir Pantai Lubna.

Hadir juga Camat Kapur IX Wiko Putra, Ketua PKK Kec. Kapur IX, Kepala Jorong Se-Kenagarian Sialang, Kelompok Dasa Wisma Nagari Sialang, Kader PKK Nagari Sialang, Kader Posyandu Kenagarian Sialang, Pedagang yang berjualan di Pantai Lubna di Nagari Sialang.

(Yud)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600