7 Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar Terima Bantuan dari Kemendikbud

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

7 Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar Terima Bantuan dari Kemendikbud

Minggu, 20 Desember 2020 | 14:02 WIB Last Updated 2020-12-21T18:29:51Z
Kebersamaan usai pembekalan dan sosialisasi Program Kredit Transfer Internasional Mahasiswa sekaligus penyerahan dana bantuan program transfer kredit.

mjnews.id - Prestasi Nasional terus ditorehkan mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar). Sebanyak tujuh mahasiswa STKIP PGRI Sumbar terima bantuan dana Program Transfer Kredit Internasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. STKIP PGRI Sumbar merupakan Perguruan Tinggi Swasta satu satunya yang ada di Sumbar yang peroleh bantuan ini.


Pada Kamis (17/12) bertempat di Ruang Sidang Gedung D STKIP PGRI Sumbar, di jalan Gunung Pangilun Padang, STKIP PGRI Sumbar melalui unit Kantor Urusan Internasional (KUI) gelar pembekalan dan sosialisasi Program Kredit Transfer Internasional Mahasiswa sekaligus penyerahan dana bantuan program transfer kredit.


Program transfer kredit Internasional adalah prosedur pemberian kredit kepada mahasiswa untuk pengalaman Pendidikan yang dilakukan institusi lain di luar negeri. Institusi luar negeri yang dituju tahun ini adalah University Fatoni Thailand yang telah bermitra dengan STKIP PGRI Sumbar.


Wakil ketua Bidang Akademik Sri Imelwaty, Ph.D menyampaikan mahasiswa yang terpilih dan lolos untuk mengikuti program ini sebagai duta kampus STKIP PGRI Sumatera Barat yang mendapatkan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri.


"Ini merupakan kesempatan bagus bagi saudara, karena orang tidak akan melihat transkrip nilai yang saudara peroleh di masa kuliah namun dilihat dari rekam jejak mahasiswa selama perkuliahan," ungkapnya.


Kepada pimpinan prodi diharapkan dapat melakukan monitoring mahasiswa secara berkala minimal satu kali dalam seminggu.


Wakil ketua bidang kemahasiswaan, alumni dan kerja sama Jarudin, M.A., Ph.D Jarudin menyampaikan, program ini merupakan tindaklanjut dari Momerandum of Understanding (MoU) antara STKIP PGRI Sumbar dengan University Fatoni Thailand. Program ini merupakan program yang kedua kalinya dilakukan STKIP PGRI Sumbar, setelah tahun kemarin sukses melakukan program international credit transfer ke Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.


Pada masa pandemi seperti sekarang ini pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran online. Oleh karena itu mahasiswa STKIP PGRI Sumbar yang mengambil program Kredit transfer ini akan melakukan pembelajaran secara daring.


Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional Edwar Kemal, M.Hum mengatakan pogram ini diluncurkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2018. STKIP PGRI Sumbar selalu memenangi program ini. Seluruh PTN/PTS selalu berkompetisi untuk memenangkan program ini.


Lebih lanjut Ia menjelaskan pada program ini, mahasiswa STKIP PGRI Sumbar diberikan kesempatan untuk belajar di kampus Universiti Fatoni Thailand kurang lebih selama satu semester. Untuk menentukan mahasiswa yang akan mengikuti credit transfer ke Universitas Fatoni, tim KUI mengadakan proses seleksi yang sangat ketat. Proses seleksi terdiri dari seleksi administrasi dan wawancara. Mahasiswa yang terpilih dari prodi yang ada di STKIP PGRI Sumbar adalah mahasiswa terbaik dari segi akademik dan memiliki rekam jejak yang akurat.


Acara ini dihadiri oleh wakil ketua bidang akademik Sri Imelwaty, Ph.D, wakil ketua bidang keuangan dan administrasi umum Liza Husnita, M.Pd, wakil ketua bidang kemahasiswaan, alumni dan kerja sama Jarudin, M.A., Ph.D, pimpinan prodi selingkungan STKIP PGRI Sumbar beserta seluruh mahasiswa transfer kredit STKIP PGRI Sumbar.


(lgo/eds)

×
Berita Terbaru Update