Asyik! Pemko Padang Panjang Salurkan BST Tahap 5

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Asyik! Pemko Padang Panjang Salurkan BST Tahap 5

Jumat, 18 Desember 2020 | 18:03 WIB Last Updated 2020-12-18T17:41:01Z
Walikota Padang Panjang, Fadly Amran.

mjnews.id - Pemko Padang Panjang memberikan perhatian kepada upaya recovery ekonomi dan meminimalisir dampak sosial pandemi Covid-19. Sudah empat kebijakan bantuan yang dikeluarkan, dan kemarin bantuan sosial tahap lima pun mulai disalurkan.


Bantuan diupayakan menyasar masyarakat yang betul-betul terkena dampak yang datanya dimutakhirkan melalui verifikasi langsung ke lapangan. Bantuan sosial tunai (BST) disalurkan Pemko Padang Panjang untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19. Masyarakat akan menerima BST senilai Rp900 ribu yang merupakan bantuan untuk bulan Oktober, November dan Desember.


Sesuai jadwal yang disusun Dinas Sosial PPKB PPPA, penyaluran BST akan dilaksanakan selama 4 hari kerja. “Untuk besok, bantuan disalurkan ke Kelurahan Silaing Atas dan Silaing Bawah di Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB). Kelurahan Ganting dan Sigando di Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT). Penyaluran dimulai pukul 08.30 Wib di masing-masing kelurahan,” jelas Kadinsos PPKB PPPA, Osman Bin Nur, Kamis (17/12/2020).


Dilanjutkan Osman, bantuan hari kedua, akan dilaksanakan pada Senin (21/12) dengan lokasi penyaluran di Kelurahan Pasar Usang dan Bukit Surungan di PPB, serta Koto Katik dan Koto Panjang di PPT. Keesokan harinya, Selasa (22/12), bantuan didistribusikan ke Kelurahan Balai-Balai dan Pasar Baru di PPB, serta Guguk Malintang dan Tanah Pak Lambik di PPT.


“Hari Rabu (23/12), bantuan akan diserahkan untuk warga Kelurahan Kampung Manggis dan Tanah Hitam di PPB, serta Ngalau dan Ekor Lubuk di PPT. Semua proses penyaluran bantuan harus mengikuti protokol kesehatan,” tambahnya.


Dijelaskan Osman, bantuan disalurkan bekerjasama dengan Bank Nagari. Dalam pengambilan bantuan, warga cukup membawa KK dan KTP serta fotocopy tiga rangkap.


“Sementara bagi yang berhalangan datang sesuai jadwal yang telah ditetapkan, bisa mengambil langsung ke Bank Nagari pada 21-23 dan 28-29 Desember. Selain membawa KTP dan KK, juga harus membawa rekomendasi terdaftar sebagai penerima BST dari dinas, serta rekening Bank Nagari,” paparnya.


Walikota Fadly Amran sehari sebelumnya mengatakan, selain BST ini, Pemko juga akan menyalurkan bantuan recovery ekonomi bagi UMKM. Bantuan akan disalurkan Rp 2 juta ke masing-masing UMKM yang terdata dengan jadwal pada 21-23 Desember mendatang.


"Bantuan ini akan disalurkan kepada 2.100 usaha sebanyak dua juta per usaha dan 3.500 KK untuk bantuan langsung tunai sebanyak Rp900 ribu untuk tiga bulan. Selain bantuan untuk pemulihan ekonomi, juga ada bantuan pengadaan sarana dan prasarana,” terangnya.


Dipaparkan Fadly, bagi masyarakat yang akan mengkonfirmasi data, dipersilahkan melihat di halaman website padangpanjang.go.id di halaman bansos.padangpanjang.id. "Sedangkan untuk layanan penerima bantuan, silahkan masyarakat mendatangi dinas terkait. Untuk layanan recovery ekonomi bagi kewirausahaan, silahkan datangi Dinas Perdagkop UKM, dan untuk bantuan sosial silahkan datang langsung ke Dinas Sosial PPKB PPPA," paparnya.


Ditambahkannya, bila ada kejanggalan dalam penyerahan bantuan, serta ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan masyarakat, dipersilahkan datang langsung ke Rumah Aspirasi yang berada di Silaing Atas.


Fadly Amran menyebutkan, bantuan yang disalurkan ini merupakan bantuan yang kelima kalinya. Bantuan pertama bekerjasama dengan Baznas, kedua bantuan beras bulog, ketiga bantuan beras premium Idul Fitri, keempat bantuan langsung tunai 3 bulan, dan kelima bantuan langsung tunai dan pemulihan ekonomi.


(aa)

×
Berita Terbaru Update