Pertama di Agam, RAT Koperasi Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia Sukses
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 25 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.110 1.501 85.502 2.107
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pertama di Agam, RAT Koperasi Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia Sukses

Jumat, 08 Januari 2021 | 20:31 WIB Last Updated 2021-01-08T17:24:12Z

Kabid Perindagkop Agam, Ardianti saat menyerahkan sertifikat kepada Ketua Koppotren Diniyyah Pasia, Zefri Fahmi saat RAT tahun kerja 2020 di Aula Ponpes tersebut, Jumat (8/1/2021). (ist)

mjnews.id - Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pondok Pesantren (Koppotren) Modern Diniyyah Pasia tahun kerja 2020 sukses digelar, Jumat (8/1/2021).


RAT koperasi pertama di Agam pada 2021 itu digelar berbeda dari tahun sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan Cocid19 di aula pondok pesantren yang terletak di Kecamatan Ampek Angkek, Agam tersebut.


“Kita anugerahkan sertifikat sebagai koperasi pertama di Agam yang menggelar RAT pada tahun 2021. Kami berharap Koppotren akan mempercepat untuk perubahan AD/ART menuju syariah,” kata Kabid Perindagkop Agam Ardianti yang hadir membuka RAT tersebut.


Ardianti berpesan kepada pengurus dan anggota Koppotren agar kedepan bisa merangkul masyarakat sebagai upaya menjadi lebih kuat terkhusus di masa pandemi.


“Tahun depan akan kita buatkan dua neraca yaitu usaha simpan pinjam dan juga waserda dan semoga akan terbuka dan meningkatkan peluang usaha lainnya,” jelasnya.


Ketua Yayasan Ponpes Diniyyah Pasia Mustafa Rahman mengungkapkan bahwa peran koperasi merupakan jalan dakwah bagi pesantren dalam membantu masyarakat.


“Ke depan kita juga butuh legalitas sebagai koperasi syariah meski saat ini sistemnya sudah syariah. Maka segerakanlah perubahan AD/ART Koperasi Syariah,” ungkapnya.


Tak jauh berbeda, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia Nawazir Muchtar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Koppotren Diniyyah harus bisa terus berkontribusi aktif untuk masyarakat.


“Sekarang pe dapatan 1 M, mudah-mudahan tahun depan dengan merangkul masyarakat akan meningkat lagi menjadi 2 sampai 3 M,” paparnya.


Pandemi Covid-19 disepanjang tahun tampaknya tidak berpengaruh terhadap Koperasi Pondok Pesantren (Kopotren) Diniyyah Pasia, Ampek Angkek, Agam.


Pasalnya dalam laporan RAT tahun kerja 2020 itu terkuak bahwa Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi tahun kerja 2020 kembali meningkat 30 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019.


“Alhamdulillah, selain peningkatan SHU dari segi bidang organisasi juga membaik dengan semakin bertambahnya anggota koperasi, akhir 2020 terdata sebanyak 171 anggota dengan rincian 58 laki-laki dan 113 perempaun yang seluruhnya merupakan guru dan karyawan di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia,” jelasnya Zefri Fahmi selaku Ketua Koppotren Diniyyah.


“Perlu dijelaskan bahwa peningkatan SHU Kopontren Diniyyah merupakan hasil pengelolaan yang baik dari usaha simpan pinjam anggota dan hasil usaha pada Warung Serba Ada (Waserda.red) Kopontren Diniyyah. Bersyukur kita karena Waserda bisa melayani masyarakat di sekitar pondok dalam hal kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.


Khairul Hafizh yang merupakan anggota Kopotren mengungkapkan, pelaksanaan RAT kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena digelar di tengah Pandemi Covid-19.


“Pertama sebelum memasuki ruangan seluruh peserta diperiksa yaitu wajib memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, cek suhu tubuh. Saat duduk pun diterapkan jaga jarak selama dalam ruangan RAT,” ungkapnya.


(*/irm)

loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update