Pedagang Pasar Dharmasraya Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 13 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.227 349 31.051 722
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Pedagang Pasar Dharmasraya Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 08 Maret 2021 | 22:21 WIB Last Updated 2021-03-08T19:03:27Z
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan ketika meninjau kegiatan vaksinasi bagi pedagang pasar di Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Senin (8/3/2021). (ist)

MJNews.id - Pedagang pasar di wilayah Kabupaten Dharmasraya masuk dalam penerima vaksin Covid-19. Secara bertahap, mulai Senin (8/3/2021) para pedangang ini bakal divaksin. Tahap awal vaksinasi ini menyasar para pedagang di Pasar Tradisonal Kenagarian Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung.


Kegiatan vaksinasi ini dipantau langsung Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD, Pariyanto, dan Plt Kepala Dinas Kesehatan, Yosta Defina.


Pada kesempatan itu, bupati kembali mengingatkan pentingnya vaksinasi tersebut dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. 


"Aktivitasnya sehari-hari pedagang yang harus melayani konsumen. Pedagang menjadi salah satu profesi yang termasuk paling rentan terpapar Covid-19. Maka dari itu pemerintah memandang perlu memberikan rasa aman kepada pedagang dan konsumen dari ancaman virus corona, " terang Sutan Riska.


Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan imunitas disamping tetap menerapkan standar protokol kesehatan 3M di tempat umum dan keramaian secara benar, tepat dan terukur. Sehingga, risiko penyebaran virus Covid-19 bisa ditekan seminimal mungkin dan aktifitas masyarakat dapat kembali berjalan normal.


"Vaksinasi bukan sekadar tentang menjadikan tubuh kebal dari paparan virus, tapi juga meliputi pemutusan mata rantai penyebaran sejak dari lingkungan terkecil yakni keluarga," tutupnya. 


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Yosta Defina, yang juga turun langsung untuk memantau aktivitas vaksinasi di pasar tersebut, mengatakan, tidak hanya pedagang Pasar di Nagari Sikabau yang mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis dari pemerintah. Vaksinasi juga menyasar kepala jorong, dan staf nagari setempat. "Vaksinasi ini juga menyasar para pedagang di pasar tradisional lainnya yang ada di wilayah Dharmasraya," katanya.


Ia menambahkan, dari data yang dikumpulkan ada 30 orang pedagang yang vaksin. Mereka adalah kelompok yang rata-rata selalu melaksanakan aktivitas di tengah pasar dalam keseharian. "Tidak hanya itu, aparat TNI dan Polri, seperti Bhabinsa dan Bhabinkantibmas Nagari Sikabau juga ikut divaksin dalam kesempatan tersebut," terangnya.


Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya melaksanakan vaksinasi dosis pertama bagi pelayanan publik yang merupakan lanjutan program nasional vaksinasi Sinovac untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, Senin (15/2) lalu.


(eko)


loading...



×
Berita Terbaru Update