Catat! Peserta SKD CPNS Wajib Vaksinasi
×

Adsense

Adsense Mobile

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 26 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.140 1.401 85.625 2.114
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Catat! Peserta SKD CPNS Wajib Vaksinasi

Jumat, 03 September 2021 | 10:00 WIB Last Updated 2021-09-03T03:00:00Z

Peserta SKD CPNS

JAKARTA, MJNews.ID - Serba-serbi tes Seleksi Kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah mulai terlihat di hari pertama pelaksanaan. Misalnya seperti peserta yang tidak memiliki surat keterangan atau sertifikat vaksin Covid-19 khusus di Jawa, Bali, dan Madura.

Hal itu terjadi di titik lokasi pelaksanaan SKD CPNS gedung Badan Kepegawaian Nasional pusat, Jakarta Timur pada Kamis 2 September 2021.

Petugas kesehatan yang berjaga di lokasi mengatakan, sempat ada dua orang yang belum divaksin alias tidak memiliki sertifikat vaksinasi.

“Ada dua orang tadi jadi disuruh ke puskesmas terdekat aja. Tahunya dapat terus balik lagi ke sini bisa ikut tes lagi,” kata salah satu petugas di lokasi.

Perihal kondisi tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Nasional Bima Haria Wibisana mengatakan, kebijakan vaksinasi masuk dalam rekomendasi Satgas Covid-19. Hal itu memang sudah disosialisasikan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tes.

Meski begitu, kata dia, pihaknya menyadari bahwa pemberian vaksinasi belum merata di seluruh daerah. Sehingga, jika masih ada peserta atau daerah yang kesulitan untuk memberikan vaksinasi kepada calon PNS dapat mengajukan surat kepada BKN dengan tembusan Satgas Covid-19 daerahnya.

“Memang dari rekomendasi satgas itu wajib punya vaksin pertama tapi kami juga menyadari bahwa vaksin itu belum ada di seluruh Indonesia. Jadi ada beberapa bupati yang menyampaikan surat ke BKN agar mereka mendapatkan dispensasi untuk tidak menggunakan syarat vaksin itu karena memang vaksinnya belum mencukupi,” katanya yang dikutip detikcom.

Lebih lanjut, surat keterangan tersebut paling lambat diberikan H-3 sebelum pelaksanaan. Sementara itu, pelaksanaan SKD CPNS 2021 dilaksanakan berbeda-beda tergantung Kementerian/Lembaga dan titik lokasi pelaksanaan yang dipilih oleh peserta.

Selain sertifikat vaksinasi, peserta juga diwajibkan untuk membawa surat bebas Covid-19. Bima mengatakan, surat bebas Covid-19 bertujuan untuk menjaga sesama baik antara peserta maupun panitia.

Surat bebas Covid-19 tersebut wajib dibawa baik melalui tes swab PCR 2x24 jam sebelum tes, atau rapid test antigen 1x24 jam sebelum ujian.

“Yang untuk swab itu tetap wajib karena kita tidak hanya menjaga peserta lain tapi juga panitianya. Dan banyak kab kota yang menyiapkan swab antigen gratis. Kalau di tempat lokasi tes itu memang tidak boleh, karena akan terjadi penumpukan,” ujarnya.

(***)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update