Mau Naik Pesawat Saat PPKM? Anda Harus Persiapkan Ini!
×

Adsense

Adsense Mobile

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 26 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.140 1.401 85.625 2.114
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Mau Naik Pesawat Saat PPKM? Anda Harus Persiapkan Ini!

Sabtu, 11 September 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-09-11T15:00:00Z

Bandara
Ilustrasi. Bandara.

JAKARTA, MJNews.ID - ‘Syarat naik pesawat September 2021’ menjadi pertanyaan yang banyak diajukan masyarakat usai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang. Aturan ini berlaku di Jawa-Bali dan luar Jawa Bali dengan jangka waktu berbeda.

Perpanjangan terbaru PPKM di Jawa-Bali berlangsung selama 1 minggu yaitu mulai 7 hingga 13 September 2021. Sementara untuk luar Jawa-Bali, PPKM berlangsung selama 2 minggu mulai 7 hingga 20 September 2021.

Dengan diperpanjangnya aturan PPKM di masing-masing wilayah, kerap kali syarat naik pesawat dipertanyakan karena khawatir turut mengalami perubahan. Berikut informasi terbaru yang perlu diketahui.

Syarat Naik Pesawat September 2021 Jawa-Bali
Aturan terkait syarat perjalanan dengan pesawat tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Aturan ini berlaku mulai 7 hingga 13 September mendatang. Berikut rinciannya :
  • Penumpang pesawat antar kota atau kabupaten di dalam Jawa Bali atau menuju kota di Jawa Bali harus menunjukkan kartu vaksin (minimal dosis pertama) serta hasil negatif PCR (H-2 sebelum penerbangan) bagi yang telah divaksin dosis pertama.
  • Jika telah divaksin dosis kedua, penumpang dapat mengganti syarat PCR menjadi antigen (H-1 sebelum penerbangan).
  • Penerbangan hanya diizinkan bagi penumpang berusia 12 tahun ke atas. Tetap memakai masker dengan benar dan konsisten serta tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa menggunakan masker
  • Melakukan validasi dokumen syarat penerbangan (vaksin dan hasil tes PCR atau antigen) melalui aplikasi PeduliLindungi di check point yang telah disediakan pihak bandara

Syarat Naik Pesawat September 2021 Luar Jawa-Bali
Aturan terkait syarat perjalanan dengan pesawat tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 40-41 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Luar Jawa dan Bali.

Aturan ini berlaku mulai 7 hingga 20 September mendatang. Berikut rinciannya:
  • Penumpang pesawat dari atau menuju kota atau kabupaten di luar Jawa Bali harus menunjukkan kartu vaksin (minimal dosis pertama) serta hasil negatif PCR (H-2 sebelum penerbangan).
  • Penerbangan hanya diizinkan bagi penumpang berusia 12 tahun ke atas. Tetap memakai masker dengan benar dan konsisten serta tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa menggunakan masker
  • Melakukan validasi dokumen syarat penerbangan (vaksin dan hasil tes PCR) melalui aplikasi PeduliLindungi di check point yang telah disediakan pihak bandara.

Seperti diketahui, bukti hasil tes Covid-19 dan kartu vaksinasi akan terunggah otomatis ke PeduliLindungi. Hal ini sesuai aturan SE Menkes Nomor 847/2021 yang menyatakan bahwa laboratorium dan fasilitas kesehatan yang melakukan RDT antigen dan PCR wajib melakukan entry data hasil tes ke dalam aplikasi allrecord-tc-19 (New-all Record/NAR). Hasil tes tersebut kemudian akan muncul di akun PeduliLindungi masing-masing calon penumpang pesawat.

Calon penumpang pesawat juga bisa mengecek secara mandiri melalui situs https://cekmandiri.pedulindungi.id untuk melihat status atau kelengkapan dokumen kesehatan digital miliknya sebelum keberangkatan.

(*/dtc)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update