Wako Padang Panjang Dukung KNPI Lahirkan Petani Milenial
×

Adsense

Adsense Mobile

Wako Padang Panjang Dukung KNPI Lahirkan Petani Milenial

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 04:00 WIB Last Updated 2021-10-29T21:00:00Z



Wako Padang Panjang Dukung KNPI Lahirkan Petani Milenial
Wako Padang Panjang Dukung KNPI Lahirkan Petani Milenial.

PADANG PANJANG, MJNews.id - Momentum Hari Sumpah Pemuda ke-93, menginisiasi DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang Panjang bekerja sama dengan Pemko melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), melahirkan petani milenial.

Hal tersebut ditandai dengan penaburan bibit ikan dan penanaman bibit buah-buahan oleh Wali Kota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Jumat (29/10), di lahan pertanian RT I, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur. Bantuan bibit dari Dispangtan ini akan dikelola para pemuda KNPI bidang pertanian. 

Ketua DPD KNPI, Andi Arianto mengatakan, lewat kerja sama ini KNPI diberikan bantuan 5.000 bibit ikan dan bibit buah-buahan di antaranya mangga, pokat, dan sirsak.

"Ini program dari bidang pertanian di KNPI. Bahwasanya KNPI adalah mitra strategis pemerintah pengembangan SDM kepemudaan," katanya.

Bibit tersebut, lanjut Andi, dibudidayakan di lahan yang dipinjamkan seorang tokoh masyarakat Arifi Endri Datuak Rumah. 
"Tokoh masyarakat ini kami lihat peduli terhadap pemuda yang akhirnya mau meminjakan lahan dan kolam untuk dimanfaatkan oleh KNPI," sebutnya.

Adapun bibit buah buahan seperti Sirsak, Pokat, dan Mangga ditanam di lahan seluas 20 x 40 m2 sementara 5.000 bibit ikan dibudidayakan di tambak seluas 7 x 21 m2 dan 5 x 7 m2. 

Wako Fadly mengapresiasi KNPI yang menginisiasi program petani milenial yang sejalan dengan program pemuda tani.

"Kita berharap usaha seperti ini bisa dijalankan KNPI dan juga pemuda-pemudi di Padang Panjang. Mudah-mudahan ketahanan pangan terwujud bersama para pemuda yang kreatif, berkontribusi, dan produktif bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas, MP mengatakan, program kreatif tersebut perlu didukung.

Dispangtan, sebutnya, siap memberikan pembinaan agar para pemuda bisa menjadi petani milenial dan berguna bagi masyarakat.

(hr/arb)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update