Wawako Pariaman Makan Bajamba Bersama Masyarakat Simpang Kuraitaji
×

Adsense

Adsense Mobile

Wawako Pariaman Makan Bajamba Bersama Masyarakat Simpang Kuraitaji

Senin, 15 November 2021 | 13:00 WIB Last Updated 2021-11-15T07:33:20Z

loading...
Wawako Pariaman Makan Bajamba bersama Masyarakat Simpang Kuraitaji
Wawako Pariaman Makan Bajamba bersama Masyarakat Simpang Kuraitaji. (humas)

Kota Pariaman, Mjnews.id - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin memenuhi undangan menghadiri acara "Makan Bajamba" dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Surau Batu, Desa Simpang Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan, Minggu (14/11/2021) sore.

"Makan bajamba merupakan tradisi budaya makan bersama yang secara turun temurun dilakukan di Kota Pariaman. Tradisi ini belum punah bagi warga di Desa Simpang ini karena bertujuan untuk meningkatkan silaturrahmi dan kebersamaan dengan sesama warga dan tamu undangan yang hadir," kata Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

"Pemerintah Kota Pariaman tetap menjaga kelestarian budaya kehidupan beragama di masyarakat, baik dalam menjalankan ibadah sehari-hari serta memelihara budaya religius yang telah menjadi tradisi bagi masyarakat seperti halnya peringatan Maulid Nabi Muhammad ini," ujarnya.

Tradisi makan bajamba atau makan bersama-sama seperti inilah yang kerap menghiasi dan menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 Hijriyah di sejumlah tempat di Kota Pariaman ini.

Tak hanya makan bajamba, lanjut Mardison, tradisi malamang juga tidak bisa dipisahkan antara keduanya, ini merupakan tradisi yang terus dilakukan oleh masyarakat kita sejak zaman dulunya atau saisuak.

Mardison berharap tradisi dan budaya semacam ini tetap dilestarikan oleh masyarakat, karena dapat mempererat ukhuwah islamiah antara masyarakat Kota Pariaman.

Dalam acara itu pula cara masyarakat kampung membangun suraunya, biasanya para undangan serta warga masyarakat memberi sedekah untuk Mesjid yang diiringi dengan Shalawat Dulang.

(win/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update