Pemko Padang Peringati Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan ke-75
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemko Padang Peringati Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan ke-75

Kamis, 21 Juli 2022 | 02.00 WIB Last Updated 2022-07-21T01:54:05Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pemko Padang Peringati Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan ke-75
Pemko Padang Peringati Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan ke-75. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id - Melalui momentum peringatan hari gugurnya pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan yang ke-75 di tahun ini, Wali Kota Padang Hendri Septa kembali mengajak warga Kota Padang untuk bisa mewarisi semangat perjuangan Wali Kota Padang kedua tersebut sebagai upaya sebuah kemajuan kehidupan ke depan.

Hal itu menurutnya sesuai dengan tema peringatan Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan di tahun 2022 ini yakninya "Dengan Semangat Perjuangan Bagindo Aziz Chan, Kita Tingkatkan Pemulihan Ekonomi Kota Padang ke Arah yang Lebih Baik".

"Kita berharap, pada peringatan hari gugurnya Bagindo Aziz Chan tahun ini dapat dijadikan momentum peningkatan dari waktu ke waktu. Dua tahun belakangan kita dihantam wabah pandemi Covid-19. Semoga dengan meneladani semangat juang Bagindo Aziz Chan kita bangkitkan kembali ekonomi di tengah masyarakat Kota Padang," ujar Wali Kota sewaktu memimpin Upacara Peringatan Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan ke-75 yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padang di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Padang, Selasa (19/7/2022) pagi.

Orang nomor satu di Kota Padang menceritakan, tepat 19 Juli memang menjadi tanggal bersejarah yang tidak bisa lupakan khususnya bagi warga Kota Padang. 

Hal itu dikarenakan, pada tanggal tersebut tepat 75 tahun yang lalu telah terjadi peristiwa heroik yaitu gugurnya seorang Bagindo Aziz Chan yang ditembak secara mengenaskan oleh serdadu penjajah Belanda. 

Hebatnya, demi mempertahankan Kota Padang pahlawan nasional itu memiliki jiwa ksatria bahkan rela mengorbankan jiwa dan raganya. Adapun kata yang selalu dilontarkannya adalah 'Langkahi Mayat Saya Dahulu Baru Belanda Dapat Memperluas Wilayah Operasinya".

"Alhamdulillah pada tahun ini kita di Kota Padang sudah berada di dalam situasi yang kembali membaik pasca pandemi Covid-19. Lebih kurang dua tahun melanda, bencana tersebut telah membuat seluruh lapisan masyarakat menghadapi dampaknya," tutur Wako.

"Mari kita warisi nilai-nilai kepahlawanan dan kejuangan almarhum Bagindo Aziz Chan untuk bersama-sama membangkitkan ekonomi Kota Padang dengan segala kemampuan yang kita punya. Upaya ini adalah salah satu bentuk perjuangan dari kita bagi kota yang kita cintai ini," pungkas Wako milenial mengakhiri.

Pada momentum peringatan Hari Gugurnya Bagindo Aziz Chan ke-75 tahun 2022 tersebut, Wali Kota Padang menyerahkan bantuan alat pertanian untuk mendukung peningkatan produksi pertanian Kota Padang kepada 8 (delapan) kelompok tani.

Selanjutnya ia juga menyerahkan bantuan administrasi kependudukan (adminduk) seperti KTP dan KK bagi penyandang disabilitas disertai bantuan alat bantu kemandirian bagi disabilitas berupa alat bantu dengar dan kursi roda.

Selain itu Hendri Septa juga menyerahkan reward kepada pilar-pilar sosial terbaik Kota Padang beserta pembinanya di tahun 2022.

Dalam kesempatan itu hadir unsur Forkopimda, Sekda Kota Padang Andree Algamar beserta para Asisten dan sejumlah Kepala OPD dan ASN di lingkup Pemko Padang. 

Juga terlihat perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) dan kepemudaan, keluarga besar almarhum Bagindo Aziz Chan serta para tokoh pejuang veteran kemerdekaan RI di Kota Padang.

(prokopim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update