Pawai Obor Peringatan Tahun Baru Hijriyah Santri TPQ Kayu Aro Semarakkan Arosuka
×

Adsense

Adsense Mobile

Pawai Obor Peringatan Tahun Baru Hijriyah Santri TPQ Kayu Aro Semarakkan Arosuka

Senin, 01 Agustus 2022 | 09.00 WIB Last Updated 2022-08-01T15:44:48Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pawai Obor Peringatan Tahun Baru Hijriyah Santri TPQ Kayu Aro
Pawai Obor Peringatan Tahun Baru Hijriyah Santri TPQ Kayu Aro Semarakkan Arosuka. (f/malin)

Kabupaten Solok, MJNews.id - Meriah dan Semarak! Itulah kesan yang terpancar, tatkala berlangsungnya Pawai Obor, peringatan 1 Muharram 1444 Penanggalan kalender (Islam) Hijriyah atau bertepatan 30 Juli 2022 Masehi yang digelar para santri TPQ/MDTA/Pondok Tahfizh /Majelis Ta'lim serta pengurus Masjid dan Mushalla se-Jorong Kayu Aro.

Pada Sabtu malam (Malam Minggu) selepas shalat Isya, para pegiat syiarnya Islam, terdiri pengurus Masjid/Mushala, para Ustadz dan ustadzah, serta penggerak keagamaan di Kayu Aro, meramaikan Jantung Kota Arosuka sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Solok, dengan Pawai obor di tangan santri menyinari kegelapan malam dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru Hijriyah.

Ustadz Muhammad Hafas salah satu pimpinan TPQ Al-Fathan Villa Garden, menyebut di bawah koordinir Pengurus Masjid Ikhlas Arrrahman dengan pengurus Jumahardi Malin Sati, Ust. Rudi Kelces, S.Ag dan lainnya berkolaborasi sesama pengurus mushala dan TPA di lingkungan Jorong Kayu Aro, sebagai area pusat pemerintahan Kabupaten Solok di Arosuka. Yaitu, selain TPQ Al Fathan, juga Rumah Tahfizh Athfalul Jannah pimpinan Ustadzah Anisarwati, MDTA Nurul Mukminin pimpinan Ustadzah Desi Hasnasri, TPQ Darussalam Prumnas pimpinan Ustadz Fito serta TPQ Darussalam Air Badak di bawah pimpinan Irawadi.

Disampaikan, pemeriahan 1 Muharram 1444 H/2022 M berasal dari seluruh elemen pengurus Masjid/Mushalla/Majelis Taklim/Pemuda/remaja dan lainnya.

“Seluruh kegiatan ini merupakan lanjutan agenda tahunan dalam rangka memeriahkan serta mensyiarkan Islam di Ranah Kayu Aro. Ini merupakan lanjutan dari agenda yang ketiga pada setiap tahun baru Hijriyah”, timpalnya.

Ditambahkan, kegiatan serupa pertama dilaksanakan pada saat menyambut Tahun Baru 1442 H/2020 yang kala itu diinisiasi oleh Pimpinan Rumah Tahfizh Athfalul Jannah bersama Pimpinan TPQ AL-Fathan, yaitu Ibu Anisarwita dan Ustadz Muhammad Hafas. 

Diperkirakan ada sekitar 500-an peserta Pawai Obor, menyinari semaraknya Arosuka, yang dimulai start perjalanan dari Simpang kayu Aro Ateh dengan finish Tugu Ayam Arosuka halaman Kantor Bupati Solok yang berhampiran dari Masjid Ikhlas Arrahman Kayu Aro.

Berjalan pawai teratur yang dipandu pihak Polres Arosuka, para peserta juga menyenandungkan Shalawat Nabi, sebagai pertanda kecintaan kepada Rasulullah SAW. Karena berkat Risalah Nabi Muhammad Rasul Allah SWT, menjadikan cahaya bagi umat Muslim menuju terang benderang dan punya peradaban.

Ringkasnya, Hijrah sebagai pertanda dicatatnya penanggalan Islam, awal Kebangkitan Dakwah Rasulullah, dari pindahnya pengembangan Dakwah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah serta bersatu bersaudaranya Kaum Anshar dan Muhajirin.

(malin)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update