DPR Minta Semua Pihak Waspadai Munculnya Covid-19 Varian Baru XBB
×

Adsense

Adsense Mobile

DPR Minta Semua Pihak Waspadai Munculnya Covid-19 Varian Baru XBB

Senin, 17 Oktober 2022 | 21.45 WIB Last Updated 2022-10-17T14:45:00Z

Advertisement

Advertisement

Nurhadi
Anggota Komisi IX DPR, Nurhadi. (f/ist)

Jakarta, Mjnews.id - Muncul subvarian baru dari Covid-19 Omicron bernama XBB. Subvarian ini sudah ditemukan di sejumlah negara salah satunya Singapura. Jenis subvarian ini disebut paling kuat lolos dari vaksin.

Anggota Komisi IX DPR, Nurhadi meminta semua pihak harus mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 subvarian Omicron XBB di Singapura dengan meningkatkan mekanisme pencegahan di pintu-pintu masuk ke Tanah Air.

"Pengetatan protokol kesehatan terhadap lalu lintas orang dari Singapura harus ditingkatkan untuk merespon lonjakan kasus penularan di negara tetangga itu. Apalagi Warga negara Indonesia tercatat sebagai wisatawan paling banyak berkunjung ke Singapura," kata Nurhadi kepada wartawan, Senin (17/10/2022). 

Nurhadi bilang, upaya Pemerintah Pusat dan daerah agar Indonesia menuju status endemi bisa segera terwujud, dengan konsisten menerapkan mekanisme pencegahan penyebaran Covid-19 yang terukur. "Dukungan segenap lapisan masyarakat dalam mematuhi setiap kebaikan yang diterapkan pemerintah sangat dibutuhkan, untuk mengakselerasi semakin terkendalinya penyebaran Covid-19 di Tanah Air," ujar legislator Partai NasDem ini.

Berbagai upaya penanggulangan covid-19 harus terus dilakukan, terutama mematuhi protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Apalagi vaksinasi dosis ketiga (booster) di Indonesia hingga saat 4 Oktober kemarin tercatat baru mencapai 63.703.003 orang (27.15%).

"Dalam kondisi apapun kita harus selalu waspada terhadap ancaman global, termasuk ancaman penyakit seperti halnya temuan Covid-19 subvarian Omicron XBB. Sekarang kita sedang menghadapi musim penghujan, banyak daerah yang terdampak banjir dan berdampak tidak hanya masalah ekonomi tetapi juga dampak kesehatan dan kemunculan penyakit baru," terangnya. 

Ia pun menilai, Pemerintah tentu punya PR besar yang keduanya harus diselesaikan secara bersamaan karena berkaitan hajat hidup warga negara. 

"Berkaitan kemunculan varian baru covid-19 ini, pemerintah harus menyiapkan langkah preventif maupun kuratif untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan semisal masyakat secara bersamaan mengalami kondisi sakit yang membutuhkan ruang rawat inap atau ruang isolasi," tegas legislator dari dapil Jawa Timur VI, yang meliputi Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kota Blitar, dan Kota Kediri.

Sekedar informasi, XBB adalah sub-varian Omicron baru, strain BA.2.10. Selain Singapura, virus ini juga telah terdeteksi di negara-negara seperti Australia, Bangladesh, Denmark, India, Jepang, dan AS sejak Agustus 2022.

(*/eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update