Admar Anwar Sandang Gelar Datuak Tan Panghulu Suku Piliang Pagaruyung

Bupati Tanah Datar, Eka Putra hadiri batagak penghulu dr. H. Admar Anwar dengan gelar adat Datuak Tan Panghulu dari suku Piliang di rumah gadang Jorong Kampung Tangah, Nagari Pagaruyung
Bupati Tanah Datar, Eka Putra hadiri batagak penghulu dr. H. Admar Anwar dengan gelar adat Datuak Tan Panghulu dari suku Piliang di rumah gadang Jorong Kampung Tangah, Nagari Pagaruyung, Minggu (27/11/2022). (f/prokopim)

TANAH DATAR, Mjnews.id – Bupati Tanah Datar, Eka Putra sampaikan ucapan selamat kepada dr. H. Admar Anwar dengan gelar adat Datuak Tan Panghulu dari suku Piliang saat menghadiri batagak penghulu di rumah gadang Jorong Kampung Tangah, Nagari Pagaruyung, Minggu (27/11/2022).

“Selamat kami sampaikan kepada bapak dr. H. Admar Anwar dengan gelar adat Datuak Tan Panghulu dari suku Piliang Pagaruyung, semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” sampai Eka Putra. 

Eka Putra tambahkan, melalui momentum malewakan gala datuak adalah langkah kita bersama untuk terus mempertahankan adat dan budaya di Minangkabau, dengan demikian peran niniak mamak sangat di butuhkan dalam memberikan masukan kepada pemerintah khususnya nagari pagaruyung. 

Sementara itu Ketua Pelaksana Atos Yun Indra, sampaikan malewakan gala atau baralek gadang sudah menjadi tradisi di suku Piliang, sebagaimana pada saat dilakukan alek malewakan gala yang sebelumnya diawali dengan pemindahan saluak atas meninggalnya penghulu sebelumnya. 

Baca Juga  Paguyuban Budayawan Bandung Dukung Amandemen ke-5 Konstitusi

“Pelaksanaan malewakan gala di suku piliang diawali dengan pemindahan saluak dari almarhum Zulkifli selalu Panghulu sebelumnya kepada Admar Anwar yang aktif bertugas sebagai dokter dilakukan bulan september lalu, dan hari ini dilaksanakan kegiatan malewakan gala,” ungkapnya. 

Turut hadir di kesempatan tersebut anggota DPRD Tanah Datar, Ketua LKAAM, KAN Tanah Datar.

(prokopim)